Rabu, 27 Desember 2017

Romance of the Three Kingdoms 13, Basic Ruler Strategy Guide (Indonesian)

RTK (Romance of the three kingdoms) 13 adalah salah satu series game yang paling saya suka di kehidupan (alah) karena rumit dan mendekati real life. Game ini juga memiliki system requirements yang hampir sama dari game ke game. Kalian tidak perlu bikin komputer yang super untuk mainin ini, tapi perlu Otak yang encer.




Seperti biasa sekarang saya bikin guide lagi. Kali ini tentang dasar-dasar memimpin dan strategi standar untuk membawa Kerajaanmu menuju kemenangan (Goal nya disini Kuasai semua daerah)


Kita mulai dengan asumsi kita seorang Ruler dengan beberapa orang pengikut yang sudah "kerja" dibawah kita. Dengan 1 kota dibawah komando. Dengan Difficulty Low (jangan lupa aslinya game jepang. standar difficulty nya beda)

Phase 1. Observe.


Fase ini penting untuk melihat kondisi awal kita dan sekitar kita. Kesalahan dalam Fase ini bisa fatal di kemudian hari dan membuat semua progress hancur (game ini bisa bener2 unforgiving bahkan di low difficulty)

1. City Observe.

Tampilan Info Kota


Kita pertama lihat kondisi kota sendiri. Secara umum, kota dibagi menjadi 4 kategori besar. Commerce city, Agriculture city, Culture City, dan Capital. 

Commerce City fokus kepada ekonomi. dalam kondisi MAX, commerce city memberikan pemasukan uang yang besar untuk pembangunan (tentu saja pembagunan butuh uang) atau belanja negara. Bila anda mulai di Commerce City, anda bisa mempekerjakan Officer lebih banyak (Jangan lupa mereka harus dibayar tiap bulan)


Agriculture City fokus kepada Farming. Pasukan butuh makan, kalau tidak makan mereka mati. Pasukan besar tentu saja butuh makan lebih banyak, peperangan yang lama juga menghabiskan makanan makin banyak. Dalam Kondisi MAX, Argiculture city bisa memobilisasi pasukan lebih besar, dan akan lebih kuat dalam peperangan dalam jangka waktu lama.


Culture city fokus pada pendidikan. Dalam kondisi MAX, Culture city bisa membangun teknologi yang lebih maju, seperti alat2 perang yang lebih modern dan bangunan pelayanan yang lebih optimal. Bila anda mulai di kota ini, alat2 perang yang digunakan lebih modern dan bisa membantu untuk mencapai kemenangan.


Capital City adalah tempat dimana orang berkumpul. Dalam kondisi max, Capital city bisa merekrut pasukan dalam jumlah besar dengan cepat. Capital juga punya dinding yang lebih kuat untuk bertahan. Bila anda mulai di kota ini, anda punya pasukan awal yang besar.

2. Surrounding Observe.

Mengetahui info pasukan dan influence di sekitar untuk menentukan langkah awal


Setelah mengetahui informasi dasar kota kita, sekarang kita lanjut melihat apa yang ada di sekitar kita. Posisi kita terhadap kota2 sekitar, dan posisi kita terhadap seluruh area bisa menentukan kemana arah ekspansi yang benar. Tipe kota yang ada di sekitar juga bisa membantu menentukan langkah selanjutnya. Beberapa hal yang harus dilihat:
Jalur antar kota. Ini menunjukan berapa kota yang terkoneksi dengan kota kita. Ini menunjukan berapa pilihan kota yang bisa dikuasai, tapi ingat itu juga berarti musuh bisa datang dari tiap arah tersebut.


Desa sekitar. diantara jalan dari kota ke kota, selalu ada 1-2 desa diantaranya. Desa tersebut bisa diminta untuk loyal kepada kita, dan kita bisa mendapat keuntungan diluar ekonomi kota, seperti tambahan populasi penduduk, kenaikan ekonomi, atau bisa membuat pasukan spesial yang tidak ada di kota. Jangan lupa kalau lawan juga bisa melakukan hal yang sama.


Free City. Free city adalah kota dengan bendera putih tanpa huruf, yang menunjukan kota yang tidak bertuan. Kalau kita mengirim pasukan kesini, maka kota tersebut otomatis menjadi kekuasaan kita tanpa perlawanan. Walaupun keliatannya mudah, tapi hati2. Kalau salah mengambil waktu kapan untuk mengambil kota ini, bisa berbahaya. Juga ingat lawan juga bisa mengambil kota ini dengan instan, kota ini bisa jadi Surga atau neraka di waktu2 selanjutnya.


3. Officer Observe.

Pekerjakan orang di tempat yang tepat, biar hasilnya maksimal.

Setelah melihat dalam dan luar, kita kembali ke dalam dan lebih dalam lagi (alah). Yaitu melihat orang yang kerja bersama kita.


Setiap Officer punya 4 Main stat dan berguna untuk hal2 yang berbeda.
LEA (Leadership) menunjukan kemampuan Officer untuk memimpin pasukan dalam peperangan. Semakin tinggi, pasukan yang dipimpim semakin kuat dan tahan banting.
WAR (Warrior? butuh referensi) menunjukan kemampuan individual Officer dalam peperangan. Paling terlihat ketika duel 1v1. Officer dengan WAR lebih besar akan lebih mudah menang.
INT (inteligence) Menunjukan kepintaran Officer. Officer dengan INT tinggi akan mudah melakukan tindakan persuasi, diplomasi, dan strategi yang lebih tinggi dan cepat. Paling terlihat ketika debat 1v1. Officer dengan INT lebih besar akan lebih mudah menang.
GOV (Goverment) Menunjukan kemampuan Officer dalam hal2 politik. Officer dengan GOV tinggi bisa membangun basis2 ekonomi lebih cepat, juga memberikan saran pembangunan yang lebih optimal.


Selain 4 main stat ini juga ada 20 soft skill yang bisa dibaca masing2 efeknya in game.
Aptitude Menunjukan kemampuan Officer memimpin satu tipe pasukan tertentu dalam pertempuran. Range dari S sampai E. Meskipun mempunyai LEA 99, kalau misalnya Spear aptitude nya cuma C, kemampuannya tidak akan keluar. Gunakan minimal Officer dengan Aptitude Rank B dalam setiap pertempuran.


Dengan memperhatikan stat2 Officer yang kita miliki, kita bisa memutuskan langkah yang akan dilakukan selanjutnya.

Phase 2. Building Phase.

Step 1. Assign.

Slot Perintah ini harus diisi agar Officer bisa bekerja. agar pembangunan lebih cepat


Sebagai seorang Ruler, kita adalah pemimpin tertinggi yang mengontrol semua kebijakan yang ada di negara. Ruler memiliki 2 slot perintah yang bisa digunakan. Bila hanya mengandalkan 2 Slot perintah ini, pembangunan akan berjalan lambat, Untuk itulah ada Perintah Assign untuk memilih menteri2 yang akan menjadi tangan kanan kita.

Seorang Ruler bisa memilih 3 Menteri Negara (Strategi (INT), Perang (LEA), Pembangunan (GOV)) untuk membantu pekerjaan, masing2 akan diberi 1 slot perintah (2 jika stat nya 90 atau lebih). Mereka akan memberi proposal untuk hal2 yang perlu dilakukan/di improve, dan siapa yang Officer yang akan mengerjakannya. Tugasmu tinggal menerima atau menolak proposal itu.

Ruler juga bisa mengangkat Walikota (governor) kota tersebut, Gubernur akan mendapat 2 slot perintah, dan Gubernur bisa mengangkat 3 Menteri daerah yang akan diberi 1-2 slot perintah.

Dalam skala besar, Ruler bisa membuat Provinsi (district) bila dirasa perlu, dan mengangkat Gubernur (Viceroy) yang akan diberi 2 slot perintah dan mengangkat 3 orang menteri provinsi. Gubernur (Viceroy) bisa mengangkat seseorang menjadi Walikota (Governor) di kota yang dia pimpin, diluar persetujuan Ruler.

Diluar orang yang kita assign sebagai perangkat negara, satu Officer kita punya chance mengajukan proposal pribadi untuk membantu pembangunan (maksimal 1 per kota). Dan diluar itu pula, Officer yang "nganggur" di kota kita punya chance untuk meng-assist pekerjaan yang dilakukan oleh Officer yang sedang bekerja.

Dengan ini, jumlah minimal optimal Officer di satu kota adalah 4 (1 gubernur dan 3 menteri, total 5 slot command dengan asumsi stat menteri dibawah 90) dan Jumlah maximal optimal Officer di satu tempat adalah 8 (1 gubernur, 3 menteri. Masing2 punya 2 slot perintah, total 8).

Selalu ingat untuk men-assign governor di setiap kota dan memerintahkan minimal 3 Officer untuk pindah ke kota itu. Governor yang dipilih akan memilih sendiri menterinya (tidak bisa kita kontrol. juga berlaku untuk Viceroy yang memilih sendiri menterinya). Bila tidak, kota tidak akan ada pembangunan sama sekali.

Kota dengan slot perintah yang penuh. Semuanya Gawe.

FAQ: Kenapa saya tidak bisa men-assign satu orangpun jadi governor? padahal Officer banyak.
Untuk men-assign menjadi pemimpin, kita sebagai Ruler harus memiliki relationship yang tinggi dengan orang yang akan di-assign. Kita tidak bisa menaikan orang yang tidak/belum kita kenal. Jadi kamu harus kenalan dan menaikan relationship pribadi dengan dia dulu, sebelum menaikan dia jadi pemimpin daerah.


Step 2. Council.

Mengadakan rapat untuk menentukan target 1 tahun kedepan.

Game ini memiliki fitur Council, atau rapat kerja. Dengan mengadakan council dan mendengarkan saran dari orang2 sekitar, kita bisa membuat keputusan lebih tepat. Hasil council akan menjadi target 1 Tahun kedepan dan akan menggerakan seluruh aparatur menuju target yang ingin dicapai. Targetnya bisa bermacam2 seperti Menaikan kekuatan ekonomi, militer, penyerangan kota/negara, atau aliansi antar negara. Keberhasilan dalam mencapai target akan membuat loyalitas mereka semua naik. Council juga bisa diadakan khusus untuk 1 provinsi dan 1 kota saja. Pastikan untuk memberikan target yang terukur dengan sumberdaya yang cukup. Kegagalan mencapai target bisa menurunkan loyalitas.

Step 3. Mulai Membangun.

Memperkuat ekonomi dan militer agar siap pada kondisi terburuk

Bagian ini hampir semuanya otomatis. Sesuai dengan target dari council, semua officer akan mulai bekerja sesuai perintah, gunakan 2 slot perintah yang kita punya dengan maksimal, juga tetap perhatikan apa yang terjadi diluar dinding kota. Adanya pergerakan pasukan atau aliansi bisa menjadi sinyal untuk mulai berangkat. Bila dirasa kurang orang, kita juga bisa mencari Officer yang masih bebas atau membuat seseorang berkhianat ke negara kita (ingat mereka harus digaji).

Nilai Ekonomi akan meningkat setiap 2000 point, dan kita bisa membangun bangunan spesial untuk menaikan nilai ekonomi makin cepat.
Nilai militer akan meningkat setiap 1000 point, dan kita bisa melatih pasukan yang kualitasnya lebih tinggi.

Step 4. Aliansi dan koalisi (Bila perlu).

Jangan ragu untuk aliansi kalau itu menguntungkan.

Aliansi Akan membantu memperkuat posisi, mendapat bantuan, atau mengamankan negara kita dengan 1 negara lain. Meskipun aman, Aliansi yang salah bisa membuat keadaan kita menjadi kurang berkembang atau malah membahayakan karena hubungan kita dengan satu negara bisa membuat hubungan dengan negara yang lain menjadi buruk. Rencanakan dengan matang.

Phase 3. Battle.

Bila dirasa ada peluang untuk memenangkan pertempuran, mulailah menggerakan pasukan untuk menguasasi daerah lain. perhatikan hal2 berikut sebelum bergerak.

Step 1. Pertimbangan

Meskipun tujuan game nya memang untuk menguasai semua daerah, setiap tempat yang ingin dikuasai harus dipertimbangkan. Beberapa hal yang harus dipertimbangkan:

  • Posisi target. apakah penting/aman? apakah membuka jalan lebih lebar untuk langkah selanjutnya
  • Keuntungan ketika menang. Bonus apa yang kita dapatkan kalau berhasil?
  • Dampak negara lain setelah kemenangan. apakah relationship kita dengan negara lain akan menurun/naik?
  • Apakah ada cara lain? Ini yang biasanya terlewat. kita terlalu stuck dengan command and conquer tanpa mencari cara lain. Ingat ini game kompleks. Kalau kita hanya menggunakan strategi konvensional dari game lain, selesainya bakal lama.

Step 2. Persiapan

Beberapa yang harus dihitung dalam persiapan:
  • Jumlah pasukan. Jumlah Pasukan yang diberikan akan menjadi status "Health" officer ketika perang. semakin banyak, semakin lama sebuah pasukan bisa bertahan, tapi bukan berarti semakin kuat.
  • Kualitas pasukan. ketika Phase 2, tidak hanya kondisi ekonomi saja yang di improve, tapi juga militer. apakah sudah cukup atau belum?
  • Kualitas Officer. LEAD akan menjadi stat Attack dan defense ketika perang, Aptitude akan menambah lagi stat itu. Kalau ada Officer lawan yang termasuk "seram" kita harus punya counter yang (minimal) cukup untuk melawan.
  • Jumlah Supply. 1000 Pasukan membutuhkan 360 Unit food per 30 hari. 1 hari di game (speed x 1) adalah 4 detik. maksimal 1 pasukan bisa membawa makanan untuk 150 hari. Terkadang kemenangan bisa terjadi dengan cepat, tapi juga kadang kita harus mengirim Gelombang pasukan berkali2 dulu untuk menekan, baru akhirnya bisa menang.
  • Perhatikan berapa lama persiapan membuat pasukan, dan berapa lama transit pasukan ke tujuan.
  • Pasukan tidak bisa ditransfer untuk tinggal kota lain, tapi bisa di resupply food nya di kota lain milik sendiri.
  • Setelah siap dengan semua persiapan (kalimat ini kayanya rancu, butuh koreksi) Mulailah deploy pasukan dan memulai pertempuran

Step 3. Pertempuran.

Saya tidak akan meng-cover semuanya, jadi saya beri info yang penting saja.
Aturan umum:
  • Battle menggunakan sistem RTS seperti CnC. Tidak pake membangun2 kaya warcraft/Age of empires. Tapi sudah ada beberapa base/wall yang bisa memberikan keuntungan.
  • Tidak ada batasan waktu, tapi kalau supply habis, pasukan akan auto mati beberapa orang per hari.
  • Satu pasukan bisa diisi 3 Officer, masing-masing akan menaikan overall Attack dan Defense. tentukan sendiri apakah mau bikin 1 pasukan kuat atau 3 pasukan yang lebih lemah.
  • Untuk menang, hancurkan main camp atau habiskan semua pasukan. Pilih mana yang lebih mudah dilakukan.
  • Pergerakan pasukan tidak bisa menembus pasukan lain, termasuk pasukan teman. jadi kalau ada pertempuran 2v1 bersebelahan bukan berarti yang 2 itu keduanya sedang berperang. Bisa saja yang satunya malah idle.
  • Cavalry kalah oleh Spearman, Spearman kalah oleh Archer, Archer kalah oleh Cavalry.
  • Cavalry punya movespeed lebih besar, bila perang membutuhkan bantuan kota sebelah yang lebih jauh, kirim Cavalry terpisah dari pasukan lain biar dia sampai lebih dulu.
  • Spearman punya defense lebih besar, cocok untuk ditaruh di tempat2 yang vital dipertahankan.
  • Archer bisa menembak dari jauh dengan memberikan support fire dari belakang pasukan.
  • Perhatikan Morale! Morale pasukan yang tinggi/rendah akan menaikan/menurunkan attack dan defense. Jaga agar tetap tinggi.
  • Morale selalu turun sedikit2 ketika perang. Peperangan yang terlalu lama membuat attack makin kecil dan supply makin habis. Pasukan kualitas tinggi yang "cape" bisa kalah oleh pasukan biasa saja yang "fresh"
  • Pasukan dengan morale yang lebih tinggi cenderung bisa memukul mundur pasukan lawannya, membuka choke point dan memberikan space untuk pasukan teman untuk masuk.
  • Base bisa menutup kekurangan yang ada dalam pasukan. Dengan menyuruh sebuah pasukan untuk stay didalam, defensenya akan naik, tipe pasukannya tetap sama, akan ada support fire dari base itu sendiri, dan mencegah pasukan terpukul mundur.
  • Di kiri bawah ada mission yang bisa dijalankan untuk menaikan morale pasukan, misalnya menghancurkan base atau stay alive beberapa hari. Jalankan untuk menjaga morale pasukan.
  • Bar bendera dibawah logo foto adalah Strategy bar. Ketika Cukup, Officer yang punya Strategy (liat Officer info nya) bisa mengeluarkan Strategy nya. Gunakan dengan tepat karena Bar itu untuk 1 Force dan mengisinya pelan.
  • Hancurkan base untuk mengurangi regen Strategy bar lawan.

Phase 4, Setelah pertempuran.

Menang atau kalah, Pertempuran akan melemahkan kedua belah pihak. Ini bisa mengakibatkan banyak hal. saya tulis lagi dalam bentuk point2.
  • Pasukan yang pulang (Disperse) membutuhkan waktu untuk kembali, kurang lebih sama dengan berangkat. Di kota asalnya, pasukan yang pulang dari perang tapi masih di jalan, status pasukannya namanya "returnee"
  • Pasukan tidak semuanya "mati" tapi ada status "wounded" yang akan kembali sembuh setelah beberapa waktu. Pasukan wounded ini tidak bisa berperang sampai mereka sembuh.
  • Keadaan post-battle ini bisa membuat negara lain tergoda untuk menyerangmu dalam kondisi lemah (banyak pasukan wounded dan supply sedikit, atau malah pasukannya semua masih dijalan). Jangan lupa hitung faktor ini juga.
  • Wall yang hancur akan diperbaiki otomatis seiring waktu.
  • Officer yang kalah bisa tertangkap dan masuk ke penjara. Dia bisa di hire, bisa diminta dilepaskan, Bisa juga kabur setelah beberapa waktu, atau kamu bisa mengeksekusinya kalau mau.
  • Jangan lupa assign governor baru dan mengirimkan 3-4 Officer untuk membantu Governor.
  • Kembali ke Phase 1,2 atau 3, sesuai keinginan.

Extra. Interaksi individu, Debat dan Duel.

1. Interaksi Individu.

Walaupun kita statusnya ruler, kita juga bisa melakukan action sebagai seorang Individu. saya list beberapa hal yang bisa dilakukan.
  • Quest. Bisa didapatkan random dari kota, atau sesuai permintaan satu orang (biasanya kalau rapport sudah 80, untuk menaikan status teman). Kedekatan kita secara personal dengan bawahan kita akan menguntungkan di kemudian hari.
  • Belajar. Dengan berteman dengan seseorang, kita bisa minta dia untuk mengajarkan kita 1 stat yang kita inginkan. Setiap stat punya Experience dan bertambah 1 tiap 100 point. Bila kita belajar dengan orang yang memiliki stat sama/lebih rendah, kita dapat 5 Exp, namun bila belajar dengan yang memiliki stat lebih tinggi, dapat 25 Exp.
  • Item. Item di game ini terbagi 4. Armor, treasure, Alcohol, Tome. Armor bisa memberikan status tambahan bila dimiliki (bila ada lebih dari satu untuk stat yang sama, diambil yang lebih besar), Tome bisa memberikan skill tambahan, sedangkan Treasure dan alcohol digunakan untuk hadiah. Dengan memberikan hadiah, kita bisa menambah relationship seseorang (lihat officer info untuk melihat barang kesukaan dan tidak). Item bisa dibeli dan dijual di pasar.
  • Banquet. Simpelnya sebut saja pesta. Kita bisa mengadakan pesta dengan Alcohol atau 100 gold. lalu akan mengundang Officer2 di kota itu dan menaikan rapport mereka semua sekali jadi. gunakan ini untuk menjaga hubungan baik dengan bawahan.

2. Debat dan duel.

Debat dan duel akan terjadi seiring perjalanan. Untuk hubungan diplomatis atau militer, atau malah untuk show off. Keduanya dilakukan dengan konsep Turn based dengan 5 turn maksimal. Sisa health bar yang lebih besar adalah pemenang. Debat Menggunakan INT, Duel menggunakan WAR.

Konsep umum.

Saya generalisasi keduanya (Debay dan duel) menggunakan istilah sendiri.
  • Ada 5 command. Attack, Strong Attack, Defense, Focus, Provoke.
  • Beberapa command membutuhkan power untuk digunakan.
  • Beberapa Command mengisi power untuk digunakan nanti.
Attack. Menyerang biasa kepada lawan. 0 power
  • Kalah melawan strong attack
  • Dikurangi damagenya oleh defense
  • Menang melawan Provoke
  • Critical damage melawan focus
  • Attack VS Attack = WAR lebih besar menang
Strong Attack. Menyerang dengan lebih keras. 2 power.
  • Menang melawan Attack.
  • Dikurangi damagenya oleh defense.
  • Menang melawan Provoke.
  • Critical damage melawan focus.
  • Strong Attack VS Strong Attack = WAR lebih besar menang
Defense. Bertahan dari serangan untuk mengisi 1 point power.
  • Mengurangi damage Attack dan Strong attack.
  • Tidak ada efeknya bila melawan Defense.
  • Tidak mengisi power bila melawan focus.
  • Kalah oleh Provoke dan tidak bisa menggunakan strong attack dan defense di turn selanjutnya.
Focus. Memusatkan kekuatan untuk mengisi 2 point power.
  • Extra damage dari Attack dan Strong attack.
  • Tidak ada damage melawan defense, namun yang menggunakan defense tidak mendapatkan point power.
  • Kalah oleh Provoke dan tidak bisa menggunakan strong attack dan defense di turn selanjutnya.
Provoke. Memancing lawan untuk membuatnya marah. 1 Point power.
  • Kalah oleh Attack dan Strong attack.
  • Menang melawan defense dan Focus, memberikan damage, lalu mengunci Strong attack dan defense lawan di turn selanjutnya.
Di Debat, Command ini bernama (Sesuai urutan) Assert, Insist, Retort, Focus, Provoke.
Di Duel, Command ini bernama Attack, Knockout, Defend, Focus, Unbalance.

2 komentar:

  1. Pengalaman sy ketika bermain adalah ketika kita terlalu agresif maka semua AI membentuk koalisi dan menyerang secara bersamaan.... Gmn hal ini terjadi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam kondisi perang, Negara yang kuat akan ditakuti seperti raja yang diktator, jadi semua negara sekitarnya akan menghabisinya.

      Untuk menanggulanginya, ada beberapa opsi.
      1. Dengan memecah belah koalisinya sebelum terjadi.
      2. Bekerjasama/membantu pihak terkuat ketiga/keempat untuk memperkuat dan mengamankan posisi. Dia seperti anak buah kita yang akan membantu ketika dibutuhkan
      3. Aliansi dengan yang jauh diluar dan memancing merkea untuk menyerang dari belakang.
      4. Jangan menaikan pasukan dan suplai makanan terlalu banyak. Karena pemimpin yang terfokus kepada pasukan dan makanan adalah tanda mau berperang. Naikan agak sedikit lebih kuat saja dari area sekitar, dan fokus pembangunan untuk perlengkapan/kualitas senjata/ekonomi/loyalitas officer yang lebih baik.

      Hapus