Rabu, 27 Desember 2017

Kingdom Rush: Frontiers Basic Tower Guide (Indonesian)

Target Pemain: Pemula. Yang sudah jago mending cari guide lain.

Another day, another guide.

Kali ini saya nulis tentang game Kingdom Rush: Frontiers, salah satu Tower defense yang saya suka karena lumayan rumit dan sulit. Game nya basically gratis (link diatas) tapi ada juga versi steam (Yang saya punya sekarang, bayar). Jadi kalau mau mencoba silakan coba dulu.


Setiap kali saya main dan merasa kesulitan, saya pasti bakal berenti progress dan langsung riset game nya habis-habisan. Jadi tulisan ini adalah hasil saya menghitung dan menganalisis, juga baca2 dari wiki nya. Hingga jadi satu guide yang bisa dipakai untuk (minimal) saya sendiri. Sekarang saya tuangkan ke blog, karena mungkin suatu hari bakal ada yang butuh.

Guide ini baru nge-cover Tower saja, karena Tower di game Tower defense adalah elemen paling penting. Kalau kita tidak mengerti fungsi dan tujuannya, kita bisa kalah berkali-kali di stage yang sama, terus mikir "ini game susah banget" padahal salah kita sendiri.

Okelah, langsung saja.

Archer Tower

Archer Tower adalah tower yang paling pertama ke unlock.








Kelebihan: 

  • Murah.
  • Jarak tembak paling jauh.
  • Attack speed tinggi.

Kekurangan:

  • Basic attack tiap tembakan kecil.
  • Single target.

Tipe damage: Physical.

Jangan digunakan untuk musuh yang punya physical defense yang tinggi.
Archer tower bisa diupgrade untuk menambah range attack, attack speed, dan basic attack nya. Setelah mencapai Level 3 (Sharpshooter tower) kita bisa memilih untuk merubahnya menjadi Crossbow fort, atau Tribal AxeThrowers. 


Secara umum, Archer tower harus ditaruh di tempat yang dia bisa meng-cover jalan paling banyak. Jarak tembaknya yang jauh membuat Archer tower pas untuk ditaruh di tengah-tengah. Sebelum penjelasan lebih jauh ke tower spesifik, kita lihat data standarnya dulu.

Data:

Archer Tower Data. Gold/DPS berarti kita menghabiskan x gold untuk mendapat 1 damage per detik, yang berarti lebih kecil, lebih bagus.
Berdasarkan hitungan saya dan penelusuran data dari Wikia, dengan jelas menunjukan upgrade satu tower dari Archer --> marksman --> Sharpshooter adalah salah. Bila masih di level-level awal dan upgrade nya belum sampai Crossbow/Tribal, maka solusi yang lebih bagus adalah build tower lain dulu, baru upgrade kalo semua slot defense sudah penuh. Urutan meng upgrade juga bukan satu tower ke sharpshooter, tapi upgrade semua dulu ke Marksmen, baru upgrade semua ke Sharpshooter.


Namun, apabila Crossbow Fort sudah bisa dibeli, maka Langsung upgrade dari Archer tower ke Crossbow, baru build Archer tower baru. Jangan bikin Archer tower beberapa baru diupgrade satu. Sayang gold nya tidak efektif dengan damage yang dihasilkan.


Crossbow Fort Vs Tribal AxeThrowers

Loh kenapa masih harus milih? kan sudah jelas Crossbow punya hampir 2x gold damage efektif daripada Axethrower. beres dong?
Jangan lupa tiap tower punya upgrade abilities yang membantu tower tersebut agar lebih efektif.


Crossbow Fort Abilities dengan efektif level

Barrage (Cukup level 1)
Menembak 6 Bolt dengan damage rata-rata 35, Colldown 6 detik.
Abilities ini membuat Crossbow Fort bagus untuk musuh yang memiliki HP tinggi. 6 bolt memberikan damage rata2 210 per 6 detik untuk 1 target. Level 1 adalah level yang cost effective (7.142857143 gold per DPS).

Falconer (Sesuai kebutuhan)
Menaikan range tower sendiri dan tower sekitarnya. Juga memberikan chance critical shot
Saya masih belum punya data untuk critical shot (berapa besar damage extra/piercing nya) jadinya saya cuma melihat extra range nya saja. Naikan apabila tower memang membutuhkan range dan tower sekitarnya juga dapat keuntungan yang cukup kalau mendapat extra range, otherwise, mending uangnya untuk tower lain.

AxeThrowers Abilities dengan efektif level

Totem of Weakness (Sesuai kebutuhan, biasanya cukup level 1)
Totem ini membuat damage tower kita ke musuh mendapat extra 40% di area totem itu terpasang (totem otomatis terpasang di musuh yang paling depan/terdekat dengan exit, yang masih ada didalam range AxeThrowers) Cocok dipakai kalau di chokepoint.

Totem of Spirits (Hanya di stage tertentu, biasanya cukup level 1)
Totem ini menghilangkan buff dari musuh yang memiliki buff magic. Jangan naikan ability ini kalau tidak ada musuh yang punya bisa buff.

Kesimpulan.
  • Pilih Crossbow untuk area tengah2. Upgrade Barrage Level 1, dan Falcon secukupnya.
  • Pilih Crossbow untuk boss killer/musuh dengan high HP.
  • Pilih Axethrower untuk chokepoint. totem weakness membantu untuk artillery lebih efektif
  • Pilih Axethrower untuk stage yang musuhnya punya buff.
  • Kalau bingung, Crossbow saja karena paling cost-effective.

Militia Tower

Millitia tower juga tower yang paling pertama ke unlock (bareng dengan archer tower). Militia tower akan mengeluarkan 3 pasukan untuk memblok siapapun yang lewat (1 pasukan akan memblok 1 musuh)







Kelebihan:

  • Blocking akan membuat choke point yang bisa di support dengan AoE tower. membuatnya lebih efektif. Juga memberikan waktu lebih lama untuk tower lain menembak sebelum keluar range.

Kekurangan:

  • Damage paling buruk.
  • Tidak bisa memblock/menyerang musuh terbang

Tipe damage: Physical.

Militia tower bisa diupgrade untuk menambah HP pasukan, attack dan defense. Efektifnya bisa dilihat di data berikut:

Data

Militia Barracks data. Karena digunakan untuk bertahan, maka yang ditampilkan bukan damage, tapi point pertahanan yang bisa diberikan

Berdasarkan data, kembali bisa ditarik kesimpulan bahwa mengupgrade barracks tidak memberikan cost-effective. Cukup level 1 saja dan uangnya diupgrade untuk yang lain dulu. Untuk pertahanan standar, menaikan ke Templar lebih diutamakan daripada Assasssin.

Assassin's Guild Vs Knights Templar.

Sekarang kita bandingkan abilities nya.

Assassin's Guild abilities dengan effective level.

Sneak Attack (Sesuai Kondisi, Level 0-3)
Memberikan Chance untuk extra trude damage (ignore armor) dan 5% chance InstaKill. Ini cocok kalau melawan musuh dengan high armor atau high HP. namun kembali, lebih baik naikin tower attack dulu sebelum ini.

Counter Attack/Dodge (Level 1)
Memberikan 50% chance untuk menghindar ketika diserang dan menyerang balik sebesar 22 damage setelah menghindar. Cukup level 1 untuk cost-effective karena di level 2 dan 3, dodge chance dan damagenya tidak naik jauh.

Pickpocket (Level 0)
Memberikan chance 30% untuk mencuri gold setiap menyerang. Kelihatannya bagus, namun dengan harga 100 gold, attack speed Assassin yang biasa-biasa saja, plus cuma 30% chance, plus gold yang dicuri cuma 1 Gold, tidak worth untuk menaikan skill ini.

Knights Templar abilities dengan effective level.

Toughness (Sesuai kondisi. Level 0-2)
Menambah HP Templar. Dengan Templar yang memiliki Medium armor (45.5% reduced damage) Effective HP nya juga makin tinggi. Level 1 dan 2 memiliki Cost effective yang sama. 

Arterial Strike (Sesuai kondisi. Level 0-1)
Memberikan chance 15% untuk menyebabkan bleeding (25 damage selama 3 detik). Lumayan untuk extra damage, namun masih lebih bagus damage tower. Level efektifnya cuma 1

Holy Grail (Sesuai Kondisi, level 0-3)
Memberikan chance untuk langsung hidup kembali setelah mati dengan HP 5-40%. Ini bagus untuk musuh yang high attack + high HP karena harus ditahan selama mungkin.

Kesimpulan

  • Gunakan Assassin untuk musuh yang spawn dalam jumlah banyak. karena mereka punya overall attack yang lebih besar daripada knights (dengan abilities). Assassins bisa membantu mempercepat kill dan bisa memblok musuh lain secepatnya.
  • Gunakan Assassin + Ability dodge untuk musuh yang memanfaatkan militia (misal musuh yang punya lifesteal, atau dimakan terus ditransform jadi musuh). Dodge nya bisa menyelamatkan dia dari skill2 tersebut.
  • Gunakan Templar untuk musuh dengan attack dan HP yang besar. 
  • Kalau bingung/tidak niat menaikan abilities. Pilih Templar karena masih cost effective.
  • Kalau pertahanan tidak jebol/rapi. Upgrade sampai Footman Barracks saja. karena cost effective nya terbaik kedua dan Armor yang naik jadi none --> low akan membuat perbedaan yang jauh.

Mage Tower

Mage tower adalah tower ke 3 yang ter-unlock di game ini. Tidak seperti Archer tower, Mage tower memiliki damage tipe magic yang menembus armor physical.







Kelebihan

  • Basic damage paling tinggi.
  • Satu satunya tower yang tipe damagenya magic.

Kekurangan

  • Range kecil
  • Attack Speed Rendah

Tipe damage: Magical.

Data

Mage tower data. Karena damagenya magic, musuh yang armornya fisik bakal deal pure damage. Khusus Archmage tower, dia bisa "menyimpan peluru" hingga 3 ketika tidak ada musuh di sekitar. Langsung memberikan 171 damage kepada musuh selanjutnya yang datang.
Tidak seperti Archer tower, menaikan level Mage tower tidak memberikan gold/DPS yang efektif, karena mage tower lebih fokus kepada Ability yang dipunya. Jadi jangan meng upgrade/membangun Mage tower kalau ability nya tidak akan digunakan satupun. Mending bikin Archer/Artillery saja.

Archmage Tower Vs Necromancer Tower

Seperti yang sudah disebut sebelumnya. Mage tower lebih dicari abilitynya daripada basic damagenya (meskipun paling tinggi). Berikut ability nya masing-masing.

Archmage Tower Dengan Effective Level

Twister (Level 1)
Mengeluarkan angin topan untuk mengangkat 5 musuh dan membawanya pulang. 40 Damage. Untuk Crowd control, ini bagus. Efektif level ada di 1. Naikan cuma kalau butuh lebih banyak musuh yang diangkat pulang, bukan buat damage.

Critical Mass (Level 1-3, sesuai kondisi)
Memberikan chance 35% setiap tembakan meledak dan memberikan area damage tambahan 30. Crowd control yang lumayan bagus (dan magic damage juga). Level 1 efektifnya. Naikin kalo butuh Area magic damage. kalo nggak, mending Artillery biasa.

Necromancer Tower Dengan Effective Level

Summon Skeletal Minion (Passive)
Setiap kali ada musuh yang mati oleh Necromancer, dia hidup kembali menjadi pasukan kita. Tidak bisa merubah musuh yang berbentuk monster dan monster terbang.

Pestilence (Level 1-3 sesuai kondisi)
Mengeluarkan racun ke satu area. memberikan pure damage 20 per detik selama 4 detik. Efektif di level 1. Crowd control yang bagus juga plus true damage. Boleh dinaikan kalau musuhnya campur antara physic resist + magic resist. Menaikan level akan menaikan durasi dan damage per detik, juga area of effect. Butuh blocker seperti Militia tower/skeletal minion agar musuh bisa stay di area racun.

Summon Death Rider (Level 1)
Memanggil Death knight. Memberikan Buff damage 50% dan Menaikan nilai Armornya 1 tingkat untuk semua Skeletal Minion di sekitar. Efektif level 1. Bagus memperkuat blocking.

Kesimpulan

  • Karena range attack nya yang tidak terlalu besar, Mage tower cocok ditaruh dekat Militia tower untuk mengefektifkan normal damage + abilitiesnya.
  • Bila tidak ada militia tower tapi butuh Mage tower, taruh dekat Crossbow Fort lalu beri upgrade Falconer.
  • Gunakan Archmage untuk musuh yang physical armor nya besar. beri tambahan tornado untuk menjaga dia tetap dalam area.
  • Gunakan Necromancer tower untuk musuh yang lemah tapi datang bergerombol, atau komposisi physical armor dan Magical armornya seimbang/tinggi. Beri Pestilence dan Summon Death RIder.
  • Gunakan Archmage untuk Boss killer.
  • Jangan gunakan Necromancer tower untuk musuh yang memiliki lifesteal. Tengkorak yang di summon bakal jadi bahan heal dia.

Artillery Tower

Artillery tower adalah tower terakhir yang ter unlock di game ini. Artillery tower memiliki damage splash yang menyebar ke sekitar musuh, bagus untuk musuh yang bergerombol









Kelebihan

  • AoE damage. Bisa memberti damage lebih dari 1 target.
  • Damage sebaran menembus 50% armor fisik musuh.

Kekurangan

  • Attack speed rendah
  • Range termasuk kecil
  • Paling mahal dibeli dan diupgrade

Data

Damage yang nampil adalah damage yang terjadi kalau 3 musuh kena bersamaan (kecuali Battle Mecha). Karena cocok untuk menaruh Dwarven Bomb bareng dengan Militia Tower.
Kembali terlihat kalau Level 1 Dwarven Bomb lebih Walaupun Battle Mecha terlihat Bagus di data, dengan damage per shot dan attack speed yang tinggi, Meng-upgrade ke battle mecha akan menurunkan sebaran AoE damage jadi kecil sekali, sehingga jarang kena lebih dari 2 orang per tembakan. Sedangkan DWAARP berubah dari Artillery menjadi Quake damage yang menyerang semua musuh di area. Jadi kalau di area ada musuh (misalnya) 10, damage total jadi 350 per 3 detik. ada 20 jadi 700 per 3 detik.

DWAARP Vs Battle-Mecha

Tanpa saya sarankan juga, pasti sudah pada tau kalau menaruh Artillery harus di bagian Belokan U untuk efektifitas range dan damage. Ditambah dengan Militia Tower untuk menghalangi dan menambah waktu Artillery untuk memberi damage lebih.

DWAARP Dengan Effective Level

Core Drill (Level 0)
Mengeluarkan Bor besar untuk menghancurkan musuh apapun yang terkena. Skill ini bagus untuk boss/strong enemy karena berapapun HP nya, pasti langsung mati, tapi karena cooldown yang lama dan kita tidak bisa memilih targetnya, seringkali dia tidak ke musuh yang diinginkan (semua single target attack otomatis nyerang yang lebih depan/lebih dekat ke exit dulu) jadinya tidak pernah saya naikin.

Furnance Blast (Level 1)
Membuat jalan di seluruh range tower menjadi panas selama 4 detik dan memberikan damage 20 per detik. Cost effective level di 1. Skill ini memperkuat basic attack menjadi lebih efektif lagi. Dan efeknya semakin bagus untuk musuh yang lebih banyak/rapat.

Battle-Mecha T200 Dengan Effective Level

Waste Disposal (Level 1-3 Sesuai Kebutuhan)
Mengeluarkan oli ke tanah, melambatkan semua musuh yang terkena selama 4 detik. Range bomb yang mengecil memang membuat efektif damagenya turun, tapi slow dari ability ini bagus banget untuk menutupnya. Saya belum ngitung slow nya berapa persen. tapi sepertinya lebih dari 50%

Wasp Missile (Level 2)
Menembakan 4 Missile yang memberikan damage rata-rata 50. Missile ini tidak bisa miss dan akan mencari target baru jika target lama sudah mati. Ini Skill paling bagus yang harus diambil 2 Level sekaligus. Dengan ini, Artillery bisa menyerang monster terbang dan membuat range nya jadi Unlimited. Missile ini prioritas pada musuh yang dekat dengan range Mecha dulu sebelum target diluar range.

Kesimpulan

  • DWAARP paling bagus untuk musuh yang keluar banyak dan bergerak cepat. Karena HP nya biasanya low dan DWAARP bisa menghabiskan mereka semua dengan mudah.
  • Battle-Mecha bagus untuk stage yang path exit nya lebih dari satu. Mecha bisa men-support lane sebelah dengan missile nya.
  • Untuk full U turn, DWAARP lebih cocok. untuk Persimpangan, Battle Mecha + waste lebih cocok.
  • Untuk Boss battle, Battle Mecha bisa memberikan damage lebih bagus dengan missile nya, lalu karena ada boss/musuh yang bisa men-disable tower, Battle mecha tidak bisa di-disable oleh mereka. Tapi jangan menjadikan Battle-Mecha sebagai Boss Killer. Mending upgrade Crossbow/Archmage (tergantung tipe armornya)
  • Kalau bingung, ambil DWAARP saja karena Battle-mecha kurang punya AoE yang menggigit, ditambah harus ngatur2 posisinya setiap beberapa detik untuk memaksimalkan efektivitas.

Penutup

Oke, semoga postingan gabut ini bisa membantu beberapa orang yang bingung untuk main game ini. Kingdom Rush termasuk susah loh menurut saya. ga kaya Plant Vs Zombies yang lebih straight. Jadi kayanya saya perlu buat nulis ini..

Thanks..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar