Rabu, 27 Desember 2017

Artillery Spotting (Indonesian Version)

Guide Level: Semi-Pemula.

Pendahuluan

Artillery spotting adalah special attack yang termasuk dalam game mechanics Kantai collection. Artillery spotting memungkinkan kita untuk memberikan damage diatas damage cap.


Kenapa harus Artillery spotting?

Cuma satu kata: Damage. Selama kita bermain kancolle, kita bakal menemukan map yang sulit, atau kondisi dimana satu atau dua kapal abysall darahnya masih nyisa sedikit dan membuat kita gagal mendapat Rank S (berarti exp tidak maksimal dan drop ship lebih jelek) dengan artillery spotting ini, kita punya chance lebih besar untuk win.

Tipe Artillery spotting

Artillery spotting memiliki 2 tipe umum, yaitu double attack dan cut-in attack. masing-masing terbagi menjadi Day dan night battle.

Double attack adalah Artillery spotting yang memungkinkan kanmusu untuk menyerang 2 kali di satu shelling phase. Double attack sering menjadi favorit karena potensi damage yang dihasilkan memang lebih besar daripada cut-in.

Cut-in adalah Artillery spotting yang memungkinkan kanmusu untuk menyerang satu kali, namun dengan damage extra. meskipun damage yang dihasilkan tidak sebesar double attack, cut-in memiliki trigger rate (kemungkinan tereksekusi) lebih tinggi dan akurasi tembakan yang pasti (100% hit rate).

Apa yang dibutuhkan untuk artillery spotting?

Kebutuhan untuk men trigger artillery spotting terbagi dua untuk day dan night battle. masing2 akan dijelaskan dibawah. Untuk chance trigger, dijelaskan dibawah lagi setelah pembahasan ini.

Day Artillery spotting

Ada 2 requirements untuk Day Artillery spotting.Yang pertama dibutuhkan adalah Dominasi udara atau istilah AS di panel KC3. Ini berarti kita butuh kapal yang bisa membawa pesawat (CV(L/B), CAV, BBV) dan dia harus lebih kuat dari power pesawat Abysall agar mendapat dominasi udara.Yang kedua, kapal yang digunakan harus bisa membawa pesawat. Itu berarti destroyer, submarine, cruiser yang tidak memiliki slot pesawat, tidak bisa melakukan day artillery spotting.

Night Artillery spotting

Berbeda dengan day, night Artillery spotting tidak perlu Dominasi udara. yang dibutuhkan hanya equipment yang benar. Juga karena night battle tidak ada satupun yang bisa mengirim pesawat, night artillery spotting tidak perlu pesawat, berarti juga semua kapal (kecuali yang membawa all plane,) bisa melakukan artillery spotting.

Equipment Guide

Ini bagian yang paling ditunggu. apa saja equipment yang dibutuhkan untuk melakukan Artillery spotting?


Day Artillery spotting Equipment




Rumus Umum: Gun, Gun, pesawat, bebas. 

Dengan ini, Artllery spotting bisa terjadi, tapi untuk lebih dalamnya seperti trigger rate dan damage yang dihasilkan, baca tulisan lanjutan dibawah.

Double attack. (tipe 1a)Main Gun, Main gun, pesawat, bebas.Bila menggunakan 2 main gun, maka artillery spotting yang terjadi adalah double attack. Damage yang dihasilkan adalah 120% x 2 (karena 2 kali nembak)Kelebihan: Damage besar, Meskipun tidak trigger, damage yang dihasilkan tetap bagus karena menggunakan 2 main gun.Kekurangan: Ada kemungkinan Miss
Cut-in. (tipe 2a)Main gun, Secondary gun, pesawat, bebas.Bila kita menggunakan Main dan secondary gun, maka Artillery spoting yang terjadi adalah cut-in. Damage yang dihasilkan bervariasi tergantung equipment yang digunakan.Kelebihan: 100% kena.Kekurangan: Damage lebih kecil dari double attack
Double attack + cut-in (tipe 3a)Main Gun, Main Gun, Secondary Gun, PesawatKita bisa mencampur keduanya agar bisa men trigger double attack dan cut-in di saat bersamaan.Kelebihan: Trigger rate lebih tinggi.Kekurangan: mengikuti kekurangan di tipe 1a bila terjadi double attack, dan tipe 2a bila terjadi cut-in


Night Artillery Spotting Equipment

Rumus Umum:
Gun 1, Gun 2, Bebas, BebasKelebihan dan kekurangan mengikuti tipe 1a

Double attack. (tipe 1b)Main gun, Main gun, Bebas, Bebas

Cut-in. (tipe 2b)Ada 4 Tipe Umum Night Cut-In.

  • Secondary Gun, Secondary Gun, Secondary Gun, bebas (Secondary Gun Cut-In)
  • Main Gun, Main Gun, Main Gun, Bebas (Main Gun Cut-In)
  • Torpedo, Torpedo, Bebas, Bebas (Torpedo Cut-in)
  • Main Gun, Torpedo, Bebas, Bebas (Mixed Cut-In)

Kelebihan dan kekurangan mengikuti tipe 2b

Catatan: Night double attack tidak memiliki tipe campur (double attack + cut-in) seperti tipe 1c, karena perhitungan triggernya beda.

Sampai sini sudah cukup untuk mereka yang hanya ingin tau equipment yang requirements yang dibutuhkan. Namun bila ingin tau lebih banyak, silakan teruskan membaca (Resiko pusing tidak ditanggung)


Artillery Spotting Trigger chance

Still with me? berarti kamu mau tau lebih dalam. Bagian ini membahas trigger chance dari Artillery spotting. Buat apa kita pasang equip Artillery spotting tapi dia nggak ke trigger?

Rumus Umum

Untuk rumus umum, kita menggunakan 300 Total stat Line of Sight di fleet (Logo sigma di panel KC3) dan air supremacy (AS+ di panel KC3)

Day Artillery Spotting Trigger chance

Dengan 300 LoS dan AS+ condition, basic trigger rate untuk Day Artillery spotting adalah 50% (untuk double attack dan cut-in)

Modifier


Angka basic 50% chance dengan total LoS 300 ini bisa naik dan turun. berikut kenaikan dan penurunannya.

Naik


  • Jadi Flagship (+15%)
  • Menggunakan Radar sebagai equipment keempat (+20% chance untuk cut in, +3% untuk double attack)
  • Menggunakan Seaplane tambahan sebagai equipment keempat ( +6% chance untuk double attack)
  • Menambah Total Line of Sight (+5% tambahan untuk 100 extra LoS)

Turun


  • Tidak mendapat Air supremacy, (AS instead of AS+) (-12%)
  • Sama sekali tidak mendapat air superiority (AP, AI, atau AD di panel KC3) rate Artillery spotting menjadi 0%
  • Menggunakan Night recon seaplane sebagai equipment keempat (-2% chance untuk double attack)

Day Cut-in Damage (khusus tipe 2 dan 3)

Cut-in memiliki damage bervariasi tergantung equipment apa yang menjadi backup dari senjata utama. Cut in mana yang ke trigger terlihat di animasi ketika menembak.
  • Secondary gun Çut-in (110% damage)
  • Radar cut-in (120% damage)
  • AP shell cut-in (150% damage, best)

Night Artillery Spotting Trigger Chance

Night battle double-attack/cut in memiliki hitungan sendiri yang tidak menggunakan air superiority.

Night Battle Cut-in Trigger Chance

Rumus Umum:trigger rate = (Nlai luck dari kapal tersebut)%10 berarti 10%, 30 berarti 30%. Simpel.

Hard Cap

Meskipun Yang dibutuhkan untuk men-trigger cukup simpel, namun stats ini memiliki hard cap (batas atas yag tidak bisa diutak-atik lagi) 

Batas:
?? Luck untuk secondary gun (belum ada riset tambahan)40 Luck untuk main gun cut-in50 Luck untuk Torpedo Cut-in60 Luck Untuk mixed (main gun+torpedo) cut-in

Contoh: bila kita menggunakan yukikaze (60 Luck) dengan equip 3 x 10cm high angle main gun, maka chance dia trigger hanya 30%, 30 luck lagi bakal kebuang. best setup untuk highest chance adalah Gun + torpedo, karena yang akan terjadi adalah 60% trigger chance.

Modifier

Tentu saja diluar rumus umum, ada nilai modifier yang bisa menaikan / menurunkan chance.

berikut kenaikan dan penurunannya.

Naik:


  • Jadi Flagship (+30%)
  • Selain flagship (+15%)
  • Minor damage, (Yellow health) (+5%)
  • Medium damage (Orange Health (+20%, tapi inget damage kita jatuh ke 70%)
  • Efek Searchlight aktif (+5%)
  • Efek StarShell aktif (+10%)

Turun


  • Abyssal menggunakan searchlight (-5%)
  • Abyssal menggunakan StarShell (-10%)
catatan: modifier ini diluar hard cap. Jadi kalau kita adjust contoh sebelumnya, Yukikaze (luck 60) dengan main gun cut-in, awalnya 30% chance karena cap main gun cut-in, naik menjadi 45% kalau dia tidak jadi flagship, dan naik lagi menjadi 55% kalau dia jadi flagship..

Night Cut-in damage

Berikut rincian damage untuk Night Battle Cut-in:secondary gun cut-in: 175%Main gun Cut-in: 200%Torpedo Cut-in: 150% x 2Mixed Cut-in: 130% x 2

Note: damage dari torpedo cut-in dan mixed cut-in disatukan jadi 1 animasi damage. jadi bukan 300% (torpedo cut-in) atau 260% (mixed cut-in) pure seperti beberapa postingan orang. Penulisan yang benar akan berpengaruh nantinya.

Night Double Attack Trigger Chance.

Yasen (night Battle) juga memilki double attack mechanism.Untuk damage, sama dengan day battle double attack yaitu 120% x 2Trigger chance sejauh kami riset, hampir 90%, selama dia menggunakan 2 gun. Jadi untuk in tidak ada penjelasan karena double attack hampir selalu terjadi.

Sampai sini sudah cukup untuk mereka yang ingin tau sampai chance modifier. Tulisan bawah lebih ribet lagi. Teruskan membaca kalau masih kuat.

Double attack atau cut-in? (Event/Hard Map Edition)

Still with me? good.. saya mau ngejelasin khusus untuk kejadian event dan map2 hard lainnya..Apakah kamu sering pergi sortie di event, dan seringkali pulang sehabis Night battle dengan boss Hime yang sisa 10? 5? atau 2? 1? good.. sekarang balik lagi ke pertanyaannya: 

"Double attack atau cut-in?"Ini pertanyaan yang sering diabaikan oleh teitoku, karena jawabannya seringkali "double attack lah." karena double attack damage adalah 120x2 = 240%, sedangkan cut-in paling besar hanya 150% (AP Shell day cut-in) gitu kan?
But is it true?
Jawabannya adalah "Kamu lupa scratch damage."

Scratch damage terjadi ketika nilai attack kita dibawah nilai armor abyssal, yang terjadi adalah damage ~10% dari sisa HP nya, dibulatkan kebawah.. which means kalo HP nya dibawah 9, semua scratch damage = 0 (animasinya keluar sebagai miss)

Pernahkah kalian sortie dan di node akhir, flagship yang harus mati malah ga mati, dan yang ada adalah tulisan "miss" berulang2 saat HP dia cuma tinggal 1 lagi? yes.. itu scratch damage, kamu salah bawa equipment jadi damage nya scratch semua dan ketika dibawah 10, semua miss..

So how to prevent that?

Kenali Formula damage dan "Shadow Armor"

Kita harus tau formula damage untuk tau lebih dalam. saya tau rumus itu bingung, jadi bakal saya sederhanakan biar mudah.

Damage = Attack - ((0.6 x armor) + (0.7 x random number))
Attack disini adalah Firepower untuk day battle, dan Firepower + Torpedo untuk Night BattleRandom Number disini adalah antara angka 0 sampe nilai armor target.
Misal ada hime dengan 100 armor, bila kita ga hoki dan randomnya adalah angka paling tinggi (which is 100) formulanya menjadi:

Damage = Attack - ((0.6 x 100) + (0.7 x 100))Damage = Attack - (60 + 70)Damage = Attack - 130

kalau kita tidak mau scratch, maka attack nya harus lebih dari 131 in worst case scenario. 130 ini yang saya sebut "Shadow armor" atau "Armor di worst case scenario" (kamu ga akan nemu istilah shadow armor ini di wiki, karena ini saya sendiri yang nulis)
Sekarang kita berangkat dengan kapal firepower rata2 100 dengan double attack setup semua, apakah dia pasti mati? nggak karena double attack cuma naikin ke 120 attack, which means scratch damage. Jadi kamu bakal ngabisin puluhan atau ratusan run cuma untuk spam last kill di sesuatu yang salahnya adalah di kamu, bukan di game.

Sekarang kita ganti equipnya jadi Night Secondary gun cut-in (175% damage), sehingga firepower jadi 175, kamu bakal deal damage 45. Kecil? kecil, tapi itu lethal dan works sampe worst case scenario.. ga kaya scrath yang keliatan 4-5 kapal nembak masing-masing 2 kali, terus kamu berdoa padahal 1000% Miss. Dan HP nya sebenarnya cuma tinggal 2.

Tapi gimana kalau emang butuh double attack karena selain hime, banyak kapal yang HP nya tebel?

Lanjut ke bagian selanjutnya.

Placing

Singkatnya, placing kapal itu penting, kecuali ada kapal yang bener2 dibutuhkan (misalnya flagshipnya harus Kongou) yaudah itu ga bisa diutak atik.. Tapi sisanya harus diperhatikan dengan benar..

Ketika Yasen dan second shelling phase, kapal yang menembak duluan adalah yang paling atas, lalu berurutan kebawahnya.. 

Now here's the thing.. kalau memang ada kapal yang butuh double attack tapi dia bakal scratch kalo nembak hime, taruh dia diatas.. yang cut-in taruh dibawah semua..

why?, yang double attack bakal nge scratch, tapi karena mereka nyerang pertama, (misal) HP hime masih banyak, dia bakal scratch tapi dengan full damage (misal HP hime masih 500, dia nge scratch 50 damage) atau nyerang abyssal sisa yang belum mati di shelling 1.. yang cut-in, karena dia bisa nembus armor, bisa lethal damage ke sisa HP nya hime.
Kalau posisinya terbalik, kamu bakal liat damage gede ke hime tapi miss2 di akhir, atau ngeliat cut-in salah target karena ada abyssal selain hime yang masih hidup..


Rangkuman

Oke saya tau pasti ada juga yang males baca semua jadi dia cuma cari rangkumannya aja.. jadi saya tulis semuanya disini.

Day Artillery spotting

Requirements: Air superiority (AS or AS+)

Equipment dan trigger rate:

Day Artillery SpottingNama equipment, (chance AS, chance AS+), damage

Double attack : 2x main gun + seaplane, (37%,50%), 120% x 2
+ : total damage lebih besar untuk serangan terpisah.-: trigger chance tidak setinggi cut-in

Cut-in: Main gun + secondary gun + seaplane, (37%, 50%), damage (110-130% tergantung yang ke trigger)
+: lebih besar trigger chance-: total damage lebih rendah dibanding double attack.

How to increase chance?
  • increase LoS
  • Add seaplane to double attack
  • Add surface radar
  • Always achieve AS+


Night battle Artillery spotting

Double attack:
Any 2 Gun. (90% tanpa AS/AS+) 120% x 2
+: Easy setup, high chance.-: di kondisi kritikal (event vs hime last kill) sering scratch karena armor hime sering nggak ngotak.

Cut-in:3 main gun (luck%, 30 cap), 200%3 secondary gun (luck%, ?? cap) 175%2 Torpedo (luck%, 50 cap), 150% x 2, single animationGun + torpedo (luck%, 60 cap), 130% x 2, single animation

+: di critical situation (event, hime, hard map, last dance, atau gabungan semuanya) damagenya bisa nembus shadow armor (worst condition, which is 1.3 x armor abyssal), guarantee not scratch.-: too depend on luck.

How to increase chance?

Use high luck ship.Use Searchlight/starshell.Minor damage.Be Flagship.

Ship Placing.

Always Put double attack on top, and cut-in on bottom.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar