Senin, 07 September 2020

(November 2023 Update) Black Desert Online: From Newbie to Professional, Part 2 - Naik level 56-61 Tanpa Grinidng.

Tutorial Level: Amateur.

Ini adalah part 2 dari seri BDO: From Newbie to Professional. Kembali saya akan ngasih trik2 cepat dan mudah untuk mainin game ini. Sekarang untuk leveling sampe Level 61. Mulai level 56, naik level bakal sulit karena quest mulai berangkat ke tempat2 sulit, ditambah Enhance weapon yang sangat-sangat RNG. Ditambah kita belum punya duit untuk beli/spam upgrade. Tutorial ini berguna untuk ngejar black spirit pass sama dapetin equip accesories yang bagus (Accesories lebih susah lagi diupgrade, jadi sangat disarankan.)
 

Persiapan dan penjelasan

Gambar dari Grumpygreen
  • Sebelum mulai ini, kamu wajib menyelesaikan misi dulu untuk mendapatkan Adventure's Tome. Ngomong ke black desert dengan / lalu  ambil quest untuk Adventure's Tome. langsung selesai dan tinggal equip.
  • Lalu kamu harus ngambil quest arc untuk mengupgrade Adventure's Tome ini. tekan O untuk membuka Daftar quest lalu ke Suggested. bakal ada quest "Lv. 53. The adventurer's tome regarding the legend of Chenga 0/22" Lakukan quest ini sampe selesai. Tome yang diupgrade ini akan memudahkan kita naik level. Silakan buka guide ini https://grumpygreen.cricket/chenga-tome/ dari grumpygreen untuk menyelesaikannya.
  • Quest yang berhadiah exp, jumlahnya fixed berdasarkan level kita, mau level berapapun quest nya diambil. ChengaTome of wisdom ini bakal menaikan EXP dari menyelesaikan Quest sebesar 30%. Sistem ini yang akan kita abuse untuk naik level dengan cepat. Karena naik level 56 keatas itu seret antara tempat yan itu lagi tapi exp nya kecil, atau Tempat baru yang susah + rebutan. INI ALASAN KENAPA JALANIN MAIN QUEST AJA DI EPISODE SEBELUMNYA.
Useful Link: http://www.somethinglovely.net/bdo/ Kalo misalnya ada tempat yang belum kebuka atau gatau dimana. silakan di search disini. (Update 2023) website somethinglovely mau ditutup jadi map buka yang ini aja https://bdolytics.com/en/SEA/map



Tanda semua quest ditampilkan.
Urutan melakukan quest ini ga harus sama. karena kota utama saya Heidel, saya mulai dari Heidel ke tempat quest terdekat.

Nyalakan semua Quest dengan menekan O dan Klik icon2 dibawah sampe semua menyala kuning/emas.






Fase 3: Level 56-59

Estimasi waktu: 1 Hari super santai.

Quest yang dikerjakan adalah yang memiliki Combat EXP di hadiahnya. Tapi yang worth cuma yang bingkai kuning nya full (liat gambar). Yang bingkai kuningnya ga full, Exp % nya lebih kecil. (Update 2022: Quest yang ada battle nya boleh diambil karena mudah)

Yang ada hadiah EXP+ nya itu yang diambil.


Contoh quest yang TIDAK diambil. bingkai kuningnya di sudut doang

 
Quest yang DIAMBIL. Bingkai kuningnya Full.
 
Ambil quest yang dekat di area itu sekali jadi, dan lapor juga sekali jadi. Banyak yang isinya sama/mirip kaya melawan monster yang sama. Jadi bisa dilapor sekali jadi dan menghemat waktu. Biasanya cuma butuh 5-10 menit untuk 1 tempat. jadi cepet (kecuali yang saya bilang quest nya banyak, itu berarti 10+). Di tengah jalan antara tempat satu dan yang lainnya juga ada quest2 yang bisa diambil, tapi ga saya cantumkan karena biasanya cuma 1 doang/lama dikerjainnya. Itu saya skip.

Tempat yang dikunjungi. 

Catatan: Kalo kelewat 1-2 Quest di tiap daerah, gapapa, ini total daerahnya dilebihin.

  1. Moretti Plantation.
  2. Eastern Gateway. 
  3. Southern Guard Camp.
  4. Dekat Bloody Monastery.
  5. Dekat Biraghi Den.
  6. (2023 Update) Marni Cave Path. Sambil jalan ke Behr ada beberapa quest disini.
  7. Behr. Yang kuku bird sama skeleton wolf bone jangan diambil. lama
  8. (2023 Update) Crioville. (node antara Behr sama Trent)
  9. Trent. Yang suruh ngasih fir timber dll. ga usah. Lama pulang dulu ke kota. (Update 2023: Disini saya udah Level 57)
  10. South Kaia pier.
  11. Dekat Isolated Sentry posty sampe Anti-Troll Fortification. Berhubung lewat Calpheon, mungkin gold hadiah quest nya mau ditaruh/dijual.
  12. Abandoned Land. Sampe sini biasanya udah Lv 57. 
  13. Northen Wheat Plantation. Ini banyak banget  quest nya dan ada di sekitar node nya. jadi muter sampe dekat dias farm sama Bernianto Farm.
  14. Bree Tree Ruins.
  15. Calpheon City. Ini juga banyak banget. Plus inventory expansion. Sampe sini bakal udah level 58 lebih.
  16. (Update 2023) Florin. (Dengan ini Sampe Velia mungkin udah 59)
  17. Western Guard Camp.
  18. Velia. Ada quest tambahan kalo kita disini pas malem. Juga ada quest yang kita explore naik sailboat. kalo belum ada, nanti dijelaskan di part selanjutnya. Tapi di guide ini cukup kok tanpa ngerjain itu juga.
  19. Heidel (Update 2022: Disini saya udah sampe 59. Quest di tempat2 sebelumnya ada yang ditambah)
  20. Dekat Manes Hideout
  21. Tarif.
  22. Glish. Ada inventory expansion slot.
  23. Keplan.
  24. Oze's House & Oze's Pass. Disini biasanya udah 59 (Update 2022). Langsung loncat ke Fase 4. EXP nya bakal jump agak jauh dan EXP dari area Fase 3 jadi dibawah 0.5%. Gimana kalo belum 59? Lanjut Quest dibawah ini
  25. Trina Fort, Saunil Camp, Quarry Byway.
  26. Mansha forest, Rhutum Sentry Post.
  27. Altinova (cuma satu kalo ga salah. deket storage) & Rock Post.
  28. Capotia & Sand Grain Bazzar.
  29. Runn Gateway Intersection & Shakatu.
  30. Valencia.
Segera setelah sampe 59, langsung kebawah.

Fase 4: Level 59-61

Estimasi Waktu: 1-2 Hari Super Santai.
Sebenarnya ga perlu dipisah juga sih. Isinya sama aja ambil side quest. Lanjut.
 

Catatan: Bawa/bikin/beli barang berikut: (Update 2023)

  • 1 Fried Fish 
  • 1 Butcher knife
  • 1 Lumbering Axe
  • 1 Hoe (ga terlalu wajib soalnya gathering pake barehand juga bisa. tapi less chance)
  • 1 Fishing Rod (kerjain terakhir soalnya hoki2an)
 (UPDATE 2022: Quest yang battle di skip aja dan baru dikerjain kalo kurang. Karena ada tempat winter baru, banyak quest yang worth exp nya di level 59-61)

 Tempat yang dikunjungi

  1. Brellin farm. Ada satu quest yang ujungnya ke Star's End. Ini area super susah, ga usah diambil. Juga kalo Malam disini (10PM-5AM in game time), ada quest di black spirit "Suspicious Farm" dan "Church of Ellion." Kalo belum malam, lanjut aja dulu dan langsung balik kesini pas udah mau malam.
  2. Outpost Supply Fort. Si node manager kotak nya emang ga penuh kuning, tapi dibawahnya ada 1 quest yang bisa dikerjain, jadi ngomong aja. Ada satu quest yang disuruh ngitung arrow. Ketik di general 922 terus enter. nanti quest nya selesai.
  3. Calpheon Northwestern outpost. Ada satu quest juga disini yang nyuruh ke Star's End. Ini justru aman karena di tempat tujuannya ga ada monster spawn. Ambil aja.
  4. Star's End Dock. Ini markernya harus manual. Jadi kalo takut salah jalan, turun aja dari kuda. Biarin dulu kudanya di Calpheon Northwest outpost. Ada quest yang disuruh liat ke 2 tempat. Yang satu gampang tinggal berenang, yang satu kalo di auto bakal ketemu monster. Mending jalan manual dari pinggiran jurang ngelewatin puing2 rumah.
  5. Camp Antara Star's End sama Ash Forest (Liat Gambar)
  6. Archer Guard Post. Ada quest yang nyuruh balik ke Brelin dan ke Calpheon. Bisa nanti aja.
  7. (UPDATE 2022: INI BISA DI SKIP KARENA ADA TEMPAT BARU YANG NO BATTLE) Weenie Cabin. Disini mungkin Kamu sudah mulai pake TRI Tuvala. Kalo AP mu disini belum 160, quest yang diambil cuma 1, kalo udah silakan lanjutkan. Kalo mau Naikin AP bisa nyari barang2 Tuvala di Fadus Habitat (120 AP)
  8. Loongie Cabin.
  9. Grana. ada dua quest chain yang butuh Knowledge Kamasvilya. Nanti Aja.
  10. Manshaum Forest. Sama ada Quest yang butuh ngelawan monster, kalo AP belum cukup, skip aja yang itu. 
  11. Viv Foretta Hamlet. Sebelum bisa ngequest, kita harus naikin relationship (amity) sama NPC Norn Federers sampe 400. TLDR amity game liat dibawah. Satu quest bakal nyuruh kita ke Old wisdom tree. Jadi kerjain terakhir.
  12. Old Wisdom Tree. Disini cukup buat sampe level 60 tanpa ngerjain quest yang berantem di sebleumnya. kalo dikerjain pasti lebih. DIsini ada misi mancing. silakan kerjakan kalo mau, tapi RNG. nggak juga gapapa.
  13. Caduil Forest. Kalo Ada yang disuruh lawan monster dan itu susah, nanti aja dulu.
  14. Kamasylvia Vicinity.
  15. Lemoria Guard Post. Iya saya tau emang yang lebih deket Lemoria guard post dulu. Tapi ujung misi yang di Kamsylvia Vicinity itu balik lagi ke Lemoria. Jadi itu dulu. Disini juga ada misi yang butuh ngelawan monster AP gede, nanti aja.
  16. Ahib Conflict Zone 
  17. Marcha Outpost. Quest nya satu bakal ke Gayak altar, jadi kerjain itu terakhir
  18. Gayak Altar. Tempat sekitarnya juga ada Quest. Nengok2 dulu. bisa dapet sekitar 15% disini.
  19. (UDPATE 2022: Siapin 1 Lumbering Axe sama Butchering Knife kalo belum ada) Duvencrune. Ada 1 questline yang cuma bisa buat 1 karakter per akun. Kalo mentok2 tanggung exp nya ambil aja. Butuh energy sekitar 60 an.
  20. Disini mulai butuh AP lebih gede. Tapi kalo kamu season character dan sudah berhasil naikin weapon+awakening weapon+sub-weapon ke TRI semua, udah cukup.
  21. Sherekhan Necropolis. Nanti questnya bakal mentok karena butuh 300 amity untuk lanjut. Kamu punya 3 pilihan. Mainin story yang kamasylvia biar bisa amity game, Spam F5 buat Greet (3 energy jadi 3 amity. butuh total 300). Atau lewat aja. Kalo saya nyaranin sih Spam F5 aja sampe abis, terus lanjut sambil nunggu isi energi. nanti balik lagi kalo mentok kurang dikit.
  22. Night Crow Post.
  23. (UPDATE 2022: Ini bisa di skip karenq questnya cuma 1. Lama) Khimut Lumber Camp. Nanti si quest nya bakal ke area di nomor bawah. jadi ini dulu.
  24. (UPDATE 2022: INI BISA DI SKIP KARENA ADA TEMPAT BARU YANG NO BATTLE) Tshira Ruins. Jangan lupa disini butuh 140 AP. Kalo kamu liat di map, deket node yang Tshira ruins belah kanan dikit, kaya ada batu besar warna putih. Itu reruntuhan bangunan dan ada NPC disitu yang punya quest, jalan kesana dan naik ke reruntuhannya.
  25. Marak Farm (tapi bukan di node nya, liat gambar) Setelah mengikuti si NPC quest yang ada di Tshira (yang diatas reruntuhan) Bakal disuruh ke tempat agak jauh di selatan. Sebelum sampe sana bakal ketemu gerbang yang orang2 nya lagi berantem. berenti dulu karena ada quest disini. udah selesai disini baru lanjut.
  26. Black Spirit Quest "An Intervention from the black spirit" dan "Wrapping up the quest" (Update 2023: Beberapa orang ga dapet quest ini, saya belum tau penyebabnya apa)
  27. Sherekan Necropolis
  28. (UPDATE 2022: INI BISA DI SKIP KARENA QUEST YAK 50 BIJI ITU LAMA KELARNYA) Pertigaan Sherekhan Necropolis (Liat gambar). Juga mungkin udah bisa spam F5 lagi ke si mbak yang di Sherekan.
  29. Caduil Forest lagi, Ambil yang monster itu kalo belum. AP nya udah lebih gede kan? Cari yang monsternya rada misah. Sampe sini sebagian udah 61. Selamat! Kalo belum, silakan lanjut kebawah.
  30. Quest yang mungkin kelewat: Yang butuh 300 amity, yang mancing, yang ke calpheon, yang lawan monster di Manshaum. Quest Jerimo dekat Caduil Forest (search google aja)
  31. Kerjain Kamasylvia main quest dan kerjain yang dilewat di Grana. Sampe Sini harusnya semua udah 61.
  32. (NEW UPDATE 2022) kalo belum 61 atau karena ngskip Quest yang battle2. 
  33. Camp Balacs. Masuk gerbang terus turun sedikit. Quest Pine sama Mushroom nanti sekalian disuruh ke nomor selanjutnya.
  34. Wind Nol's Perch.
  35. Erethea Belt
  36. Citron Orchard
  37. Eilton
  38. Pilgrim's end
  39. Kalo masih kurang juga. Maaf aja. Harus Grinding Ambil quest yang diatas yang di skip karena butuh battle. Liat AP sekarang berapa, dan biasanya kalo udah Tuvala TRI bisa ke Fadus Habitat atau ke Polly Forest. Bisa juga ke Tshira Ruins tapi agak jauh (Harusnya lokasimu sekarang sekitar Grana). Naikin Tuvala semua ke Minimal TRI dan quest2 di tempat yang di di skip udah bisa dijalankan Good Luck. (Update 2023: Kalo mau Grinding, Saya sarankan ke Polly's Forest karena selain enak, dia juga spot naikin Skill point paling tinggi)
Gerbang dekat Marak Farm, Ada quest.
Lokasi dock di Star's End

 
Lurusan antara Star's End sama Ash Forest

Pertigaan Sherekan Metropolis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Amity Mini Game Guide.

  1. Liat kiri bawah. Kamu bakal liat requirements untuk menangin round itu. Ada 4 biasanya. "Spark interest" "Fail to spark interest" "Gain minimum Favor" sama "Talk Freely"
  2. Spark interest = Pilih yang % chance nya paling gede. senyum = berhasil
  3. Fail to spark interest = Pilih yang % chance nya paling kecil. sedih = berhasil
  4. Gain Favor = Pilih % chance gede dan punya angka favor gede. Untuk gain favor, harus senyum. Kalo sedih favor nya ga masuk.
  5. Talk Freely = bebas ngapain aja. tapi amity paling cepet naik kalo dia senyum dan dapet favor gede. jadi anggap sama dengan no 4. 

Penutup

Sekali lagi selamat sudah sampe 61. Softcap untuk game ini sekarang ada di 61. Kamu bisa lanjut sampe 63 dengan grinding. kalo udah 63, kamu bisa dapet lagi 2 accesories yang bagus. Ga bisa dijual sih, tapi kalo beli di market dengan stat yang sama, harganya udah 2-4 MILIAR. Ini bakal nge Boost AP lagi jadi silakan kalo mau. Tapi 61 juga cukup karena hadiah2 umum dan skill paling tinggi itu di 60 udah ke unlock semua.
 
Next saya bakal jelasin langkah selanjutnya, yaitu cari duit dengan metode yang macem2. Game ini membebaskan kita untuk melakukan apa aja, dan selalu ada potensi duit gede di dalamnya, asal tau teknikynya dengan benar, dan fokus.
 
Oke segitu aja. terima kasih sudah membaca~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar