Rabu, 02 September 2020

(Update 2023) Black Desert Online: From Newbie to Professional, Part 1 - Event Akun Baru Gratis, Season Character, Catatan Penting

Tutorial Level: Newbie dari baru mulai daftar akun.
Saya ga akan banyak bacot. Mari kita mulai dari 0 dan mengoptimalkan waktu kalian untuk melewati early game.


Disclaimer: Saya bukan bapakmu. Jadi mainlah dengan pace sesukanya

tutorial Lainnya: https://charstray.blogspot.com/2018/10/bdo-beer-empire-awalan.html




Persiapan

Daftar di https://www.sea.playblackdesert.com

Game ini ngasih 30 hari akses gratis. Selanjutnya bayar sekali sekitar 200 ribu rupiah.
Namun di beberapa waktu suka ada event free unlimited access (Seperti saat tulisan ini ditulis).

Tantangannya mudah. Capai level 50 dalam waktu yang ditentukan (seminggu biasanya). kalo berhasil, maka game ini gratis buatmu. Saya yakin sebagian yang baca ini, pasti ngejar itu. Lumayan ga usah bayar 200 ribu.

Kita akan fokus ke leveling dengan season character. Apa itu season character? Season character adalah karakter khusus yang diberi sedikit kemudahan dengan gear khusus yang mudah untuk diupgrade sampe bisa untuk pergi ke area2 mid level. Jadi kita tinggal nabung aja buat beli end gear.

Jadi buatlah Season charater. silakan buka youtube untuk melihat character mana yang mau kamu buat. Sesuaikan dengan playstyle.

Fase 1: Level 0 - 50

Estimasi waktu: 1 Harian Santai. Serius. Ini dengan makan, mandi, shalat. Cuma butuh waktu sehari biar dapet free access BDO.

Klik kanan di quest list di pinggir kanan akan memberi tahu kemana kamu harus pergi. itu berarti NPC untuk lapor/ambil, dan juga lokasi monsternya. Tekan T untuk auto move ke lokasinya. R untuk bicara. Tinggal ikuti dia jalan kemana. mau dibaca2 ceritanya boleh, mau skip2 juga silakan. Kalo dapet senjata dan senjatanya lebih kuat, bakal ada notif di atas sebelah minimap untuk di equip. silakan di equip.

Hal penting di fase ini:

  • LAKUKAN MAIN QUEST SAJA. JANGAN LAKUKAN SATUPUN SIDE QUEST. Penjelasannya nanti. 
  • Di layar atas sebelah kiri minimap, ada logo season server yang menyala. Click dan akan membuka semacam battle pass. Liat misinya apa aja, dan ambil yang ada disitu. Kebanyakan kebuka otomatis sambil jalan, tapi kadang juga ada berburu monster, atau mengupgrade equip. HADIAHNYA WORTH.
  • Kalo server season Lag, pindah aja ke server lain. BONUS EXP BUAT SEASON CHARACTER CUMA MULAI APPLY DI LEVEL 50 KEATAS. jadi pindahlah ke server yang tidak crowded. 
  • Kalo inventory penuh, Klik tombol kaca pembesar di sebelah minimap, lalu klik tombol2 yang ada di nearby NPC. cari yang paling dekat. yang perlu disimpan untuk sekarang cuma NARU sama TUVALA. Kalo ragu. kalo tulisan equipnya warna Putih, Hijau, Jual. Kalo biru/Emas/Merah. Jangan dulu dijual. 
  • Dot warna kuning di minimap adalah monster yang ada dalam quest. kalo bingung tinggal liat aja. TAPI GA SEMUA DOT KUNING BERARTI MAIN MISSION. ada juga side mission yang akan memberi equipment kalo udah ngekill beberapa. ini JANGAN DIKERJAIN SEKARANG, NANTI AJA. kita kan mau naik level dulu. Terus di level lebih besar juga kita bisa balik lagi buat ngerjain, dengan equipment yang lebih bagus tentunya. jadi ya NANTI AJA. 
  • Naikan lupa naikin skill di karaktermu, Tekan K untuk membuka layar skill. kalo bisa yang keliatan dia punya area damage yang bagus. Sekarang kita fokus ke PvE dan banyak misi yang disuruh membunuh monster dalam jumlah tertentu. SKILL NANTI BISA DI RESET. 
  • Ketika selesai di satu area, bakal ada notice "Finished exploring (nama area) the next will take you to  (nama area)" Kamu bakal dapet main quest dari black spirit (tekan /) yang langsung bisa diambil hadiahnya. ini Buku yang bakal dapetin skill point banyak. 
  • Bakal ada pilihan quest chain. Mereka ga ada bedanya. hadiahnya sama. Cuma mereka pergi ke area yang berbeda. 
  • Suka ada Mission inventory expansion setelah beberapa kali melakukan main quest. Ambil dengan menekan garis miring / untuk memangiil black spirit. dia auto selesai dan tinggal diambil. jangan lupa di dibuka di inventory (tombol I). 
  • Kamu bakal dapet buff leveling dengan membuka box (Level XX leveling aid). Buff nya berdasarkan durasi. jadi kalo mau AFK, Level XX leveling aid jangan dulu dibuka. 
  • Kamu bakal dapet Naru equipment. Ini bisa diupgrade dengan beginner black stone. gunakan ini sampe fase 2 selesai. Tuvala emang lebih bagus, tapi JANGAN BURU2 UPGRADE TUVALA. Nanti dijelaskan dibawah.

Naru Equipment Upgrade/Enhance guide.

Singkat. jangan ikut tutorial youtube karena ini senjata cuma buat sebentar aja

  1. Klik kanan di beginner black stone untuk membuka layar upgrade. Klik equip yang mau diupgrade. ceklis skip animation. lalu enhance. 
  2. Naikin main weapon dan side weapon ke +7 
  3. Naikin armor ke +5. sampe sini Enchant weapon dan armor pasti berhasil 
  4. Naikin lagi main weapon + side weapon ke DUO II (+17) 
  5. Naikin lagi armor ke DUO II (+17). Sampe sini kalo gagal enhance, equip bakal turun durability sedikit. 
  6. Kalo ga bisa enhance karena durability nya low, tukarkan beginner black stone weapon/armor nya ke senjata yang sama. lalu pergi ke Blacksmith untuk recover max durability. tenang aja beginner black stone ini bakal dapet sampe 1000 lebih dan ga akan kepake lagi. 
  7. Naikin sampe PEN V (+20) Kamu bisa nukar Naru ini menjadi TUVALA di NPC Fughar. (Update 2023: Penukaran PEN NARU jadi PRI TUVALA bisa langsung tekan tombol yang keluar aja.)



Stat dasar naru equip kalo udah DUO semua. Cukup untuk leveling sampe 56. Class lain bisa lebih gede atau lebih kecil sedikit AP DP nya.


Ketika quest sudah dekat2 area calpheon (Catfish biasanya mah). Kamu sudah sampe lv 50. Selamat!

Fase 2: Lv 50 - 56. 

Estimasi Waktu: 1-2 Hari santai.

Tetap lakukan main quest. dan berhenti ketika quest sudah sampe di Valencia II (Liat daftar quest dengan tekan O lalu pilih Main. Questline terakhir yang dikerjakan adalah Lv 56: Valencia Eastern sands kingdom story). Kamu bakal tau quest selesai dengan mendapat Set outfit 7 hari. ketika line quest itu selesai. STOP karena HADIAHNYA TIDAK WORTH

Catatan Penting:

  • Bonus Exp di season server. Sekarang harus konek terus ke season server buat dapet bonus exp jadi lebih cepet naik level.
  • FUGHAR. Fughar adalah NPC yang selalu ada di dekat stable di setiap kota besar (tombol kaca pembesar --> Stable. Kalo ga ada, berarti di kota itu ada lebih dari 1 stable). Dia adalah NPC khusus untuk season character. Dia memberikan hadiah dan quest harian yang bisa diambil (sebagian udah auto-selesai tinggal ambil aja.) Dia juga NGASIH TUVALA YANG SUDAH DIUPGRADE. (Update 2023. udah nggak. tapi bisa tukar otomatis NARU PEN sama TUVALA PRI) makanya saya bilang jangan buru2 upgrade tuvala. Dikasih gratis dan udah keupgrade sama dia loh XD. Ketika quest sampe Altinova, biasanya mulai muncul misi dia untuk nukar NARU --> TUVALA. (Update 2023. penukaran langsunng dari layar enhance, ga dari dia lagi) Guide buat upgrade tuvala saya kasih dibawah. jadi baca dulu jangan ngegas enhance.   
  • Ketika kamu sampe level 56. Bakal ada quest untuk Awakening. Lakukan Quest nya. Biasanya ga susah sih. Catatan penting: AWAKENING AKAN MENGGANTI SENJATAMU DAN MERUBAH MOVE SET. Lihatlah youtube untuk class mu, dan putuskan apakah kamu mau Awakening atau tidak. SETELAH AWAKENING, LAKUKAN QUEST SELANJUTNYA YAITU SUCCESSION. Succesion membuat kita kembali ke senjata lama dan memperdalamnya dengan skill baru dan damage lebih besar. Selesai Quest Succession, kita akan dapat 2 kupon untuk save preset skill, dan 1 hari Amstrong Skill yang langsung aktif 24 jam. Saat inilah kamu memutuskan mau di Awakening atau Succesion. Attack point dari senjata satunya bakal tetap ada efeknya ke senjata yang dipake. jadi putuskan dengan cepat dan tepat. Selesai durasi amstrong skill ini, skill point tidak bisa di reset lagi selamanya (beli pearl paling XD). Tapi tenang, ada trik nya

    Trik "Reset Skill" Gratis. Dan trik Switch Awakening dan Succesion sesukanya.
    1. Segera setelah selesai quest succesion dan aktif amstrong nya, Buka kupon save preset dan tekan K untuk membuka Skill window.
    2. Klik tombol Reset All diatas untuk mengambil semua skill points. Lalu Klik Succesion.
    3. Naikan (+) satu skill di MAIN yang pasti kamu pake.
    4. Save ini di Preset 1.
    5. Klik lagi tombol Reset All.
    6. Sekarang Klik Awakening
    7. Naikan 1 Skill di AWAKENING yang pasti kamu pake.
    8. Save di preset 2.
    9. Tiap kali kamu mau ganti skill untuk nyoba2 atau ganti Awakening/Succesion, Ngomong ke skill instructor buat nge load preset yang sudah di save. Cooldown 1 jam setiap load preset.
    10. Selamat kamu sudah punya unlimited Reset skill. XD
  • Kalau kamu belum level 56 tapi quest sudah selesai, Saatnya grind ke tempat2 yang rame monsternya tapi cukup mudah. Liat status dan berapa AP mu saat ini? pergilah dan lawan musuh disini. Ini juga dekat dengan kota sekarang (Altinova) Kalo belum sampe, Upgrade dulu Tuvala nya.
    AP 70-90 an: Abandoned Iron mine.
    AP 80-100 an: Manes Hideout.
    AP 90-110 an: Helms Post.
    AP 100-180 an: Sausan Garrison.
    Tempat lain untuk grinding di sekitar sini tentu aja ada. Tapi ga saya sebut karena monsternya biasanya kurang rapet jadi exp yang didapat per jam jadi berkurang, atau tempatnya kekecilan jadi ga nyaman. Disarankan minimal grind sampe dapet hadiah dari kill monster2 itu. Gunakan semua buff combat/skill exp biar cepet naik level.

Tuvala Equipment Upgrade/Enhance Guide.

Juga singkat. Jangan liat enchantment guide youtube karena itu buat normal gear.
  1. Berdiri dekat Fughar. Dia punya misi yang akan membantu meng-enhance equip ini.
  2. Siapkan materialnya semua. Kalo bisa Ratusan (biasanya udah ratusan sih kalo udah sampe sini)
  3. (Update 2023) Tukarkan NARU yang sudah PEN V, Menjadi Tuvala PRI I ke Fughar langsung di layar enhance.
  4. Pilih 1 equip aja dulu yang mau diupgrade. Tapi saya rekomendasikan senjata dulu.
  5. Gunakan Refine magical Black Stone untuk upgrade GUARANTEED ke TRI III (+18). Tukarkan Tuvala Ore yang ada dengan senjata kita, dan restore durability nya ke blacksmith.(Update 2023: upgrade guaranteed ke TRI pake Refine magical black stone ga akan mengurangi durability)
  6. Setelah Senjata sampe TRI III, ngomong ke Fughar. Dia ada quest suruh memakai senjata TRI tadi, dan akan diberi item "Advice of valks +40" yang bakal berguna di enhance selanjutnya.
  7. Buka lagi layar enhancement. Masukan senjata --> Gunakan Advice of Valks +40 --> Gunakan Cron Stone --> Enchant. Game ini punya sistem kalau kita gagal enhance, maka chance enhance selanjutnya akan sedikit lebih besar chance nya, dan advice of valks membuat fail enchance sehingga menaikan chance berhasil. Cron Stone membuat Equipment TRI keatas tidak turun kalau gagal. Jadi jangan enhance kalau tidak ada cron stone. Good luck dengan enhancenya.
  8. Setelah senjata sampe TET IV, ngomong lagi ke fughar. Quest selanjutnya sudah bisa dilapor dan kita akan dapat Advice of Valks +60. Good luck untuk PEN V Nya.
  9. Bagaimana dengan aksesories? Aksesories punya chance lebih kecil lagi daripada weapon/armor, dan kalau gagal, pecah. jadi Jangan dulu upgrade accessory.
  10. Kamu bakal sadar kalo enchant tuvala ini bener2 SUSAH. Chance nya kecil sekali. Jadi putuskanlah mau tetap mencoba enchant atau Mending ngumpulin duit aja biar beli senjata lain di market. Kalo mau enchant, good luck. kalo nggak, silakan berenti di TRI III atau TET IV saja. saya nyaranin sih di TET Biar di quest si Fughar dapet advice of valks +60. (Update 2023 Info: Advice Of Valks yang +60 nya pake buat enhance gear nanti yang lebih kuat dari Tuvala) ga usah dipake sisanya.
Tuvala Set sampe TRI III. Keliatan segini sudah cukup di tempat grinding yang saya kasih tau. Ga harus buru2 banget sampe PEN.

Kalau kehabisan bahan enchant Tuvala. grinding di tempat2 berikut: 

Catatan: Sekalian ambil quest di NPC area itu, Plus Weekly Quest dari black spirit. Weekly Quest ini berhadiah Banyak banget. Quest bisa diambil di server mana aja, tapi dropan yang namanya Ouk Pill of Rift (ditukar jadi bahan upgrade) harus di season server.
  • Time-Filled Black Stone: Bashim Base, Desert Naga Temple, Titium Valley (AP Minimal 100)
  • Refined Magical Black Stone: Cardy Ruins (AP Minimal 140)
  • Tuvala Ore: Basilisk Den, Tapthar Plain (AP Minimal 190)
Ga lama, Kamu bakal sampe level 56. Selamat!

Selesai level 56, kamu bisa lanjut grinding aja sampe level 61 (Free accesories yang strong) mengikuti tempat yang sudah ada.  Atau mengikuti guide yang saya tulis di episode selanjutnya. Terserah.

Lanjutan tempat Grinding:

  1. Crescent Shrine. AP 140
  2. Gahaz bandit Lair. AP 140
  3. Polly's Forest. AP 160
  4. Waragon Nest. AP 165 
  5. Protty Cave. AP 170
  6. Fadus Habitat. AP 190
  7. Pila Ku jail, AP 210
  8. Roud Sulfur Mine, AP 210
Semuanya Ngedrop Item buat Tuvala Enchant.

Terima kasih sudah membaca. Happy playing ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar