Sabtu, 28 Juli 2018

Final Fantasy 13 Guide Indonesia, Sesimpel dan Sesingkat Mungkin

Oeh kembali lagi bersama saya. Hari ini ga di toko sih sebenarnya. lagi istirahat sehari di rumah. Ngerapihin playlist sama beres2 kamar. hehe.

Yang temenan dengan saya di steam mungkin sadar kalo saya lagi main Final Fantasy 13. Saya pernah bilang kalo saya belum pernah main FF 13 dan ga tertarik. Nah karena kebetulan ada FF 13 di Library, dulu saya nyobain dan berenti di chapter 3 awalnya karena sudah chapter 3 masih aja tutorial). Nah sekarang saya paksain terus karena ga ada game RPG baru lagi. Ternyata tutorialnya sampe chapter 10 XD. Gile, 20 jam main baru kelar tutorial dan akhirnya game ini sudak ke unlock full fiturnya.

Sambil saya melancarkan sistemnya, saya mau nulis guide buat yang masih bingung/ga ngerti bahasa inggris. Urutannya sesuai dengan unlock nya di cerita. Jadi nggak loncat2 buat yang baca sambil progress story dari awal. Sebagian dimention dalam bentuk point, sebagian dijelaskan dengan paragraf.

Oke. Kita mulai aja.


Point penting di awal Chapter.

  • "Attack" dan "Blitz" Apa bedanya? Dua duanya sama2 attack, bedanya Blitz adalah area physical attack yang menggunakan 2 ATB (Atau sebut saja Action Point lah ya). Kapan harus pake attack dan kapan pake blitz? Lihat posisi dari musuh. kalau mereka dekat, gunakan blitz. Total damagenya lebih besar daripada 2x attack. Tapi kalau cuma 1 atau agak berjauhan, jangan pake blitz karena total damagenya kecil (blitz ngasih damage kurang lebih 1,5x lebih besar, tapi ngabisin 2 action, kalo musuh cuma 1 ya rugi, tapi kalo ada lebih dan berdekatan, baru gede totalnya). Ini juga berlaku untuk magic damage. kalau cuma 1 gunakan yang kecil, kalau ada lebih dan berdekatan, gunakan yang lebih kuat.
  • Di awal game, menggunakan auto action tidak masalah karena lebih cepat. tapi mulai chapter berikutnya (chapter 3-4 lah kurang lebih) itu harus mulai diganti jadi abilities (atau manual action) biar bisa masukin command lebih tepat (seperti menggunakan blitz atau attack)
  • Setelah memasukan action menggunakan abilities (manual action), bila ingin mengulang action yang sama, tekan Kanan/D di keyboard untuk merubah tombol abilities menjadi "Repeat"
  • Potion mengisi 150 health. Harganya murah dan bakal dapet banyak, jadi jangan terlalu hemat. pake aja. Di akhir malah nanti beli sampe penuh stack (99 potions). Baiknya heal ketika Ada yang bar darahnya kuning. kalau sudah bertiga, 2 orang darah kuning mending sudah pake potion. Kita ga tau apakah monster punya strong attack atau nggak. Jadi mending aman.
  • Jaga combo bar tetap terisi dengan menyerang bergantian. kalau combo bar hampir habis dan belum ada karakter yang nyerang, Spam E untuk force attack meskipun dengan 1 action saja. Asal bar kuningnya naik lagi aja. Combo bar ini bakal penting untuk melawan monster2 di akhir chapter, terutama boss. kalau sudah lancar menjaga combo bar, kesananya nanti gampang.

Role dan Experience (CP) System

Menginjak chapter 3, 2 fitur bakal terbuka, yaitu Role system (di menu paradigms) dan Experiece/CP (di menu Crystarium). Nah saya jelaskan satu-satu sesimpel mungkin

Role

Setiap karakter memiliki role utama yang bisa mereka pilih dan gunakan ketika battle. Apa bedanya setiap role?

Commando

  1. Menyerang menggunakan Physical attack, dan magic non elemental (namanya ruin)
  2. Kalau ada lebih dari 1 Commando, dia akan menyerang target yang berbeda dengan command yang lain.
  3. Stat yang utama digunakan oleh Commando umumnya stat "Attack". Tapi "Ruin" menggunakan stat "Magic"
  4. Serangan Commando tidak menambah combo bar secara cepat, tapi turun combo nya juga pelan (naiknya pelan, turunnya pelan)
  5. Kalau kita yang megang Commando, role ravager akan mengikuti target kita.

Ravager

  1. Menyerang menggunakan Magical attack, atau elemental attack (namanya xxxStrike)
  2. Ravager selalu "nurut" ke target yang dicommand oleh Leader, atau nurut ke role Commando kalau si leader bukan Commando atau Ravager
  3. Stat yang digunakan Ravager umumnya stat "Magic" tapi xxxStrike menggunakan stat "Attack"
  4. Serangan Ravager cepat menambah combo bar, tapi turun combo nya juga cepat (cepat naik, cepat turun)
  5. Kalau kita megang ravager, ada commando ran ravager satu lagi. Ravager akan ikut nyerang ke commando, ga ikut ke kita.

Sentinel

  1. Tidak menyerang, kecuali punya skill Counter-defense kaya Vendetta atau Entrench.
  2. Umumnya bakal cast provoke diawal sehingga musuh menyerang sentinel, untuk melindungi karakter lain yang HP nya kecil/sekarat.

Synergist

  1. Tidak menyerang. Synergist memberikan buff seperti extra attack/magic, atau extra defense/magic defense.
  2. Bila semua buff sudah dilakukan ke semua karakter, Synergist akan diam/cast ulang buff yang habis durasinya. Jadi jangan terlalu lama ada di synergy.
  3. Bagusnya jangan karakter yang kamu control yang megang ini. biar computer saja yang megang.

Saboteur

  1. "Menyerang" dengan memberi debuff ke musuh. Seperti penurunan attack/defense. debuff bisa gagal jadi saboteur bisa spam debuff yang sama terus menerus sampai musuh kena, baru dia ganti ke debuff yang lain.
  2. Naik dan turun combo nya, sama dengan Ravager. Namun damage nya jauh lebih kecil, jadi jangan lama2 juga di mode saboteur.
  3. Saboterus juga mending  computer aja yang megang. Kecuali kamu mau spam death ke satu musuh.

Medic

  1. Tidak menyerang. Memberikan skill heal ke karakter yang membutuhkan. Menghilangkan debuff yang kena ke karakter, namanya skillnya Esuna. Atau menghidupkan karakter yang mati, nama skillnya Raise.
  2. Bila semua karakter darahnya penuh/masih dibawah batas healnya (misalnya 200) maka medic akan menunggu sampai ada yang kena damage dan langsung memberikan heal untuk menutupi damagenya.
  3. Kalo dipegang sama computer, dia bakal spam semua action heal ke satu karakter, meskipun dia cuma butuh heal sekali doang. Kalo kamu yang pegang, dari action itu kamu bisa ngatur misalnya 2 kali heal ke karakter 2, 1 kali ke karakter B dst.

Paradigm Deck

Dari 3 karakter yang bisa digunakan, kita bisa memilih/membuat 6 set role. Set Apa saja yang bagus untuk digunakan? Berikut saya tulis yang umum dan mudah dimengeri, juga bagus untuk melawan boss. sekaligus penjelasan formasi, dan kapan harus mengganti.

The Default Formation / 1 Command - 1 Ravager - 1 Medic/2 command - 1 Medic

  • Cocok untuk awalan semua kondisi atau awalan ketika ketemu musuh baru yang belum dikenal
  • 1 Command 1 Ravager membuat Karakter fokus ke satu target, cocok kalau musuhnya baru/lumayan HP nya tebel. 
  • 2 Command memecah target jadi 2, cocok kalau musuh HP nya kecil2 tapi banyak (blitz bisa dipake disini)
  • Menaikan combo bar secara aman (naiknya cepat karena ada ravager, turunnya lama karena ada commando). Sekaligus Healer menjaga HP tetap tinggi kapanpun.
  • Cocok untuk boss battle yang butuh combo bar dan pertahanan di saat bersamaan. Karena boss umumnya attacknya lebih sakit. Jadi HP yang hilang secepatnya ditutup oleh medic.
  • Kalau combo bar hampir penuh, langsung ganti jadi Stagger Momen.
  • Kalau HP nya ternyata berkurang sampai ada 2 orang yang kuning/1 orang yang merah. Ganti Ke Critical situation

 The Boss Opening Formation / 1 Sentinel - 1 Synergist - 1 Medic / 2 Medic - 1 Synergist

  • Cocok untuk Awalan Boss. Sentinel akan memancing attack ke arahnya, medic akan menutup damage ke sentinel, sementara synergist memberi buff ke team. Atau 2 medic akan menutup semua damage yang diberikan boss ke siapa saja sementara Synergist memberikan buff.
  • Tahan posisi ini sampai semua buff synergist sampai ke semua karakter.
  • Setelah Selesai semua buff, langsung ganti ke Default Formation.
  • Bila Buff habis, Kembali ke Formasi ini. untuk buff ulang.

The Critical Situation / 1 Command - 1 Sentinel - 1 Medic / 1 Command - 2 Medic

  • Pindah kesini bila ada 2 char HP kuning/1 char HP merah/HP overall turun terus karena medic kurang heal.
  • Command akan menjaga combo biar tetap ada, karena kalo ilang sayang dari awal lagi ngecombo nya. Sentinel memancing attack (Damage diterima akan turun drastis kalo kena sentinel) dan di heal oleh medic. Atau 2 medic menutup damage yang ada.
  • Ketika HP party kembali normal, kembalikan ke formasi Default atau ke Boss Opening kalau buff nya habis.

The Stagger Moment / Stat Terkuat Char 1 - Stat Terkuat Char 2 - Stat Terkuat Char 3.

  • Bila stat nya lebih besar Attack, gunakan Command, bila stat nya lebih besar magic, gunakan Ravager.
  • Ganti kesini sesaat sebelum combo bar penuh untuk memberikan maximum damage ketika stagger.
  • Spam saja auto attack biar tidak ada 1 detikpun terbuang.
  • Di ujung stagger bar sebelum habis mungkin butuh force attack (tombol E sebelum action poin penuh) biar dapat saat2 terakhir stagger nya.
  • Kembalikan ke formasi default setelah bar stagger habis. Atau kalau musuh men damage sampai ada 2 karakter yang HP nya kuning. jangan ditunggu sampe merah dulu meskipun lagi stagger. Mending aman.

The Ultra Critical Situation / 1 Sentinel - 2 Medic / 3 Medic

  • Gunakan  Formasi ini kalau ketemu musuh yang bisa bikin semua karakter HP nya kuning/1 karakter HP nya langsung merah dalam sekali attack. Startagi harus diganti total ke defensif, jaga HP tetap penuh dan hanya menyerang di sela2 saja.
  • Sentinel bakal ngambil semua attack sambil di heal 2 medic, atau semuanya nge heal untuk menghindari ada yang mati. 
  • Setelah HP party aman, pindah ke critical situation, default, . Jangan pernah pindah ke stagger moment kecuali ketika stagger si musuh bener2 ga bisa gerak (sebagian begitu, sebagian masih bisa nyerang.). Kalau maksa ke stagger moment dan dia nyerang kita sampe sekarat, mau ga mau harus heal up. Itu sayang waktu staggernya. Kalo ke default kan masih ada 1 medic yang berusaha nutup damage.

Role Karakter

Lightning

Lightning adalah karakter yang Well balanced. Role utamanya Commando, Ravager, dan Medic. Dia bisa physical attack, bisa magic attack, bisa nge-heal. Stat akhirnya dia ada ditengah2 untuk semua role. hampir selalu saya pake kapanpun kecuali membutuhkan role spesifik yang kuat. Gunakan senjata yang well balanced atau condong ke command.

Sazh

Sazh juga karakter yang cukup balanced. Role utamanya Commando, Ravager, dan Synergist. Kalo Lightning lebih condong ke stat attack (Commando), Sazh lebih condong ke magic attack (Ravager), Bila dia jadi synergyst, maka buff yang dikeluarkan duluan adalah buff attack sebelum buff defense. Stat mentahnya lebih lemah dari karakter lain overall, namun senjatanya (setelah diupgrade) akan mengejar stat karakter lain. Gunakan senjata yang balanced atau condong ke ravager.

Snow

Snow adalah tanker grup. Dengan Role utama Sentinel dan Commando Snow bisa bertahan dan menyerang dengan baik. Dia juga bisa nge ravage, tapi stat nya agak jauh condong ke Commando dibanding Ravager, begitu juga senjatanya. Kalau benar2 butuh tanker, pakai dia, kalau tidak/lebih butuh ravager, taruh saja di belakang.

Hope

Hope adalah Wizard nya Grup. Role utamanya Ravager, Synergist, Medic. Hope memiliki stat Magic paling tinggi, juga variasi element magic yang paling banyak dan kuat. Berbeda dengan Sazh, Hope akan memberikan buff defense dulu sebelum attack. Karena tidak ada Command, maka Hope tidak butuh stat Attack. Jadi gunakan senjata yang memaksimalkan Magic.

Vanille

Vanille adalah Healer/debuff utama grup. Role utamanya Medic, Saboteur, Ravager. Vanille punya potensi heal dan debuff yang besar, Juga stat magic yang bagus jadi bisa berperan sebagai Ravager. Biasanya juga selalu saya bawa untuk kondisi standar dan baru diganti kalau ada yang dibutuhkan. Khusus Vanille ada 2 senjata yang direkomendasikan. Yang pertama menaikan Heal, yang satu lagi menambah chance untuk debuff. Silakan pakai yang dibutuhkan oleh team-mu.

Fang

Fang itu agak mirip dengan snow. Dengan role utama Commando, Sentinel, dan Saboteur. Dia karakter yang punya stat Attack paling tinggi, tapi juga bisa bertahan cukup dengan Sentinelnya, dan juga debuff dengan saboteur nya. Fokuskan ke senjata yang memberikan stat Attack.

Equipment and Upgrade

Mendekati pertengahan cerita, kita mulai menemukan senjata yang berbeda untuk setiap karakter, juga terbukanya toko yang menjual barang2 baru. Nah Kalau diperhatikan barang2 tersebut memiliki level, berarti bisa dinaikan. Iya, Weapon dan Accessories bisa diupgrade untuk memperkuat stat yang dimiliki. Lalu ketika levelnya mentok (diberi tanda bintang), dia bisa diupgrade lagi menjadi senjata baru yang lebih kuat. Berikut penjelasannya.

Upgrade sekarang atau nanti saja?

Singkatnya. Nanti saja. 

Kapan? Mulai Chapter 11

Kenapa?
  1. Senjata yang didapat itu, tanpa upgrade, sudah cukup untuk melewati 10 chapter awal. Serius. Makanya 10 chapter ini saya bilang tutorial. Menginjak chapter 11 baru monster berada di level yang jauh dengan kita, jadi barulah upgrade equip itu dibutuhkan.
  2. Barang di Toko tidak terupgrade sekaligus, tapi keluar sedikit2 sepanjang cerita. Kalau kita nunggu barang2 datang, setelah sampai chapter 11, kita punya pilihan barang lebih banyak untuk build yang kita inginkan.
  3. Mengupgrade equip itu mahal. dan bisa semakin mahal kalau belum tau mechanicsnya. Menginjak chapter 11, kita mulai bisa cari uang dengan cukup gampang.
  4. Material akan digunakan dalam 1 stack besar (36 sampai 99 buah per upgrade) itu untuk memaksimalkan exp per uang yang kita habiskan. kalau mengikuti cerita biasa, kita dapat material cuma satu-satu. itu tidak efektif.

Material

Setiap upgrade membutuhkan material, material bisa didapatkan dari drop musuh, atau dibeli di toko. Tidak semua barang itu bagus dipakai untuk upgrade. Sebagian bagus untuk diupgrade, sebagian terlalu mahal dan tidak memberi exp yang bagus, sebagian malah mending dijual terus beli yang lain jadi ada keuntungan uang atau keuntungan exp yang didapat.

Material terbagi 3, yaitu material monster (logo tulang/gigi), material sintesis (logo baut). dan material spesial (logo plat). Material monster dan sintesis Keduanya memiliki properti yang berkebalikan. Material monster berharga murah, dan memberikan exp kecil, material sintesis berharga mahal dan memberikan exp besar. Sedangkan material spesial digunakan untuk mengupgrade lagi senjata yang sudah level max (level bintang/star) ke senjata yang lebih kuat lagi. Lalu mana yang lebih efektif? Tunggu dulu, baca bagian selanjutnya.

Bonus Exp dari material monster

Ketika kita mengupgrade senjata yang sama berkali-kali menggunakan material monster, maka ada random angka yang ditambahkan, ketika sampai titik tertentu, kita akan mendapat Bonus exp, dimana upgrade setelah ini akan memberikan bonus exp. dari 25% sampai paling tinggi 200%. Bila kita ganti menggunakan material sintesis, maka bonus yang ada akan di reset lagi ke 0.

Konsep Utama Upgrade

Setelah membaca penjelasan diatas, mengerti kan? untuk mengoptimalkan upgrade agar memberikan optimal Experience per harga, kita harus menggunakan material monster murah terlebih dulu sampe bonus mentok ke 200%, lalu menggunakan material sintesis sekali jadi (bonusnya langsung reset ke 0 jadi harus sekali jadi). Mudah kan? Detilnya ada dibawah.

Barang yang harus dibeli. dan Upgrade Awal.

 

Untuk meng efektifkan exp per uang yang dihabiskan, hanya beberapa barang saja yang bagus untuk dibeli. Saya sudah hitung2, jadi tinggal ikuti saja.
  1. Beli ke Creature Comfort, 72 Sturdy Bone, 72 Barbed Tail, 72 Vibrant Ooze. ketiga item ini memiliki perbandingan exp per harga paling tinggi. Juga Jual semua material monster selain ketiga ini.
  2. Gunakan 36 item sekali jadi untuk menaikan exp bonus ke 200%. 36 Ini angka pasti. kalau kita misalnya menggunakan 35 lalu 1, belum tentu dia sampe ke 200%. Jadi harus pas 36. Makanya saya minta material selain 3 ini jual aja. Jadi 36 + 36 sturdy bone itu untuk 2 karakter, 36 + 36 barbed tail untuk 2 karakter lain, juga 36 + 36 Vibrant Ooze untuk 2 karakter lainnya.
  3. Beli Ke Lenora's Garage, 99 Polymer Emulsion. Lalu Upgrade 1 senjata dengan menggunakan 99 polymer Emulsion. Ulangi lagi beli 99 Polymer Emulsion untuk senjata kedua. dst. sampai 6 kali. Polymer Emulsion bukan Material efektif, dia dibeli hanya karena paling murah, dan chapter 11 ini sudah butuh boost attack/magic. jadi cuma sekali ini saja.
  4. Jangan dulu upgrade accesory. nanti saja sampai sudah ketemu tempat farming uang.
  5. Biaya yang dibutuhkan untuk upgrade awal ini total: Material monster 72 x 3 x 80 = 17.280. Material sintesis 99 x 6 x 200 = 118.800. Sehingga total adalah 136.080, untuk 6 senjata. Belum tentu kita punya uang sebanyak ini di chapter 11. tapi kalau menjual material yang ga dipake (cek toko aja, kalo ada ditoko berarti bisa dibeli lagi. kalo tidak ada, jangan dulu dijual.)
  6. Material yang menggunakan nama "chip" itu untuk dijual.
  7. Maksimum level sebelum mengupgrade senjata ke nama yang berbeda adalah 26 (level 25 --> level star). jadi dilihat kalau2 sudah dekat max levelnya, jangan langsung pake 99. nanti exp nya terbuang. Toh exp yang didapat bisa dilihat dulu sebelum konfirmasi.
  8. Jangan dulu mengupgrade senjata level star dengan material spesial, meskipun punya. Ketika diupgrade dengan material spesial, level yang didapat random dan umumnya lebih kecil stat nya dari level star yang sekarang. jadi untuk menyamakan lagi butuh upgrade lagi. mending kalo uang ada. kalo ga ada? jadi kalau masih bokek cari duit aja dulu.

Upgrade Lanjutan 

 

Upgrade lanjutan hampir sama dengan sebelumnya, namun weapon yang sudah level star harus diupgrade dulu ke senjata kedua dengan material spesial. Beli material spesial yang dibutuhkan, lalu langsung upgrade lagi senjatanya (karena sebelumnya disebutkan stat yang sekarang lebih kecil, tapi maximum level nya naik ke 61 (level 60 --> level star kedua)). 

Terakhir senjata bisa diupgrade lagi jadi perubahan terakhir, dan max levelnya sampe 100. Exp yang dibutuhkan tentu saja makin naik, jadi harus lebih perhitungan dari sebelumnya untuk mencegah exp yang tidak optimal. Berikut material sintesis yang bisa dibeli untuk level setelah perubahan pertama. 

Catatan utama: Bila uang sudah cukup untuk membeli material yang lebih mahal, beli yang mahal saja sekalian karena perbandingan exp per uang nya lebih besar.
  • Superconductor. Dibeli di Lenora's Garage, Harga 840. Total harga 83.160 per stack (1 stack 99 item).
  • Perfect Conductor. Dibeli di Lenora's Garage, Harga 1600. Total harga 158.400 per stack.
  • Particle Accelerator, Dibeli di R&D Report, Harga 10.000. Total harga 990.000 per stack
  • Ultracompact Reactor, Dibeli di R&D Report, Harga 50.000. Total harga 4.950.000 per stack

Penutup

Sekali lagi, semoga mini guide ini kepake untuk orang yang membutuhkan. Ketemu lagi di tulisan selanjutnya~

2 komentar: