Rabu, 10 Januari 2018

Don't Stave Guide Indonesia (Part X-2), Semua Tentang Memasak, Vanilla & Reign of Giants

Harro everynyan~ Haw ar yu? Fain sank yu~

Mumpung masih pengen nulis jadi saya bakal nulis terus. Kembali tentang game Don't Starve. Kali ini saya akan nulis tentang serba-serbi memasak di game ini.









Pendahuluan

Memasak menjadi salah satu fitur yang penting di game ini. Fungsinya bukan cuma sebagai pengisi perut, tapi juga alternatif untuk mengisi health dan sanity, juga sebagai "pengawet" agar makanan itu tidak basi/stall.

Modelnya akan dibagi menjadi 4 Section. Pertama tentang tipe makanan dan apa saja makanan yang masuk ke kategori tersebut. Lalu 3 section selanjutnya adalah resep2 untuk mengisi Hunger, Health, dan Sanity Restoration. Disebutkan juga satu-satu per makanan dan resep optimal, resep normal (resep pengawetan), juga resep buruk (minus kalau  dibandingkan dengan dimakan satu-satu terpisah).

Catatan: 
- Resep akan ditulis Bahan2, lalu berapa stat yang terisi, lalu berapa hari dia tahan sebelum mulai basi (Kuning).
- Bila ditulis misalnya "2 Daging" itu berarti "2 Daging besar" atau "1 Daging besar, 2 daging kecil" atau "4 daging kecil" intinya ditambahkan saja kalo kurang.
- Bila tidak ada tulisan berapa Health/Sanity/Hunger yang terisi, berarti dia terisi 5 atau kurang. Tidak terlalu signifikan, jadi tidak saya tulis.
- Jangan lupa umumnya tiap karakter itu menghabiskan 75 hunger sehari.
- Resep ditulis baru untuk Don't starve Reign of Giants dan don't Starve Together. Shipwrecked/Hamlet ada tulisan terpisah (Resep utama tetep ngikut yang ini).

Baiklah, langsung saja.

1. Kategori makanan.

Daging

Daging dibagi menjadi 2. Yaitu daging kecil dan daging besar (selanjutnya disebut sebagai Daging 0.5 dan daging 1 untuk memudahkan menghitung). Daging kecil bila dijemur di drying rack akan menjadi Small Jerky, sedangkan daging besar menjadi Jerky. Yang termasuk daging besar adalah Meat dan Monster Meat, sisanya semua Daging kecil.

Khusus monster meat. Kita bakal banyak dapet monster meat selama bermain. Meskipun termasuk daging besar, daging ini bila salah mengolahnya ketika memasak, bisa berbahaya karena bisa menyebabkan masakan gagal (Monster Lasagna, -20 health dan sanity). Bila benar-benar tidak ada makanan yang lain, Monster meat paling aman dijadikan jerky (-3 health, -5 sanity) atau dimasak terpisah (-3 health, -10 sanity). Monster meat cuma boleh masuk 1 maksimal per masak atau yang dibuat akan 100% menjadi Monster Lasagna. Resep Monster Lasagna bisa dibatalkan bila dimasukan 1 Twig kedalam masakan. (ada beberapa resep yang bisa diberi trik ini)

Ikan

Ikan juga ada kategori 1 dan 0.5. Yang termasuk Ikan 1 adalah semua jenis ikan dan belut yang benar2 berbentuk ikan. Termasuk juga ikan dan belut yang sudah di cooked. Sisanya adalah ikan 0.5, yaitu Limpet, Fish morsel, Mussel (termasuk cooked nya juga). Penggunaan terbanyak ada di Shipwrecked DLC di part selanjutnya (link disini). Khusus Wobster, memiliki nilai ikan 2. Semua Ikan yang bernilai 1 dan 2, juga punya nilai meat 0.5. Roe secara khusus juga punya nilai meat 0.5.

Telur

Telur biasa bernilai 1, sedangkan telur Tallbird (yang biru) bernilai 4.

Sayuran

Sayuran juga terbagi 2 seperti daging. Ada yang kecil dan besar (0.5 dan 1). Untuk memudahkan, Semua jenis jamur adalah Sayuran kecil, sisanya semua sayuran besar. Mandrake termasuk sayuran 1, Rumput laut termasuk sayuran 1 

Buah

Buah juga terbagi 2. Untuk buah, Berry dan Juicy Berry adalah Buah 0.5. sisanya buah 1
Khusus Durian. Durian adalah Monster Meat nya buah. Kalau salah mengolahnya juga bisa jadi monster meat. kalau kepepet, di cooked saja biar efek minusnya cuma -5 sanity

Dairy product

Ini cuma berisi mentega dan susu. 

Pemanis

Ini berisi Madu, Sarang Lebah, dan Royal Jelly. Royal jelly bernilai 4

Bukan kategori manapun, tapi bisa dimasak

Ini berisi Twig (ya, twig yang suka ada dimana2), Es, dan Roasted Birchnut. Ketiganya (terutama twig dan es) bisa dimasukan kedalam masakan dan memberikan extra Hunger daripada menggunakan bahan lain.

2. Resep-Rese Pengisi Hunger

Mandrake Soup. 1 Mandrake, 3 Bebas (150 Hunger, 100 Health) 3 hari. Paling optimal menggunakan Mandrake- twig - twig - twig saja. Bahan selain twig jangan dimasukan karena mending dimasukan ke yang lain. Ini bahan makanan darurat yang cuma dipake kalau bener2 butuh health dan hunger boost. 2 Monster meat bisa disisipkan dan diberi twig 1 di slot ke 4.

Meaty Stew. 3 Daging, 1 Bebas (150 Hunger, 12 Health) 5 hari. Tidak boleh pake Twig1 Monster meat bisa disisipkan. Tidak terlalu direkomendasikan 4 daging karena mending buat yang lain. Bagusnya pake Es atau jamur. Kalau tidak ada ya Berry/wortel aja.

Dragonpie. 1 Dragon Fruit, 3 Bebas (75 Hunger, 40 Health) 7 hari. Tidak boleh ada daging. Paling optimal Dragon Fruit - twig - twig - twig aja. Health regen yang bagus juga membuat ini jadi makanan darurat ketika butuh health.

Bacon and Eggs. 2 telur, 1.5 Daging (75 Hunger, 20 health) 10 hari. Tidak boleh ada sayuran. Wajib dihapal karena di end game bakal banyak telur. Resep Standarnya Telur - Telur - Monster Meat - Daging kecil/. Kalau punya Tallbird Egg, resep bisa menjadi Tallbird Egg - Monster Meat - Monster meat - Twig.

Honey Ham. 2 Daging, 1 Madu, 1 bebas (75 Hunger, 30 health) 7 Hari. Tidak boleh ada twig. Sisipkan 1 Monster meat. Slot sisa nya bagus pake Es, tapi kalau pake yang lain juga masih menguntungkan. Juga bisa jadi makanan darurat health.

Turkey Dinner. 2 Ayam, 0.5 Daging, 0.5 Sayur/buah (75 Hunger, 20 health) 3 Hari. Sisipkan 1 Monster meat. Sayur/Buahnya bagus pakai jamur. Resep ini tidak bisa diutak atik terlalu banyak.

Meatballs. 0.5 Daging, 3 Bebas. (62.5 Hunger) 7 Hari. Tidak boleh pake twig. Wajib dihapal karena mudah dan bahannya memenuhi ini. hampir semua resep yang ada dagingnya satu, pasti jadinya kesini. 1 Monster meat bisa nyisip. Tidak direkomendasikan pakai daging besar. Daging besarnya mending disimpan untuk resep atasnya yang lebih bagus.

Guacamole. 1 Mole, 1 guaca  1 Cactus Flesh, 2 Bebas (37.5 Hunger, 20 health) 5 hari. Tidak boleh ada buah. Kasih 2 Twig aja di slot sisanya. 1 Monster meat bisa nyisip terus dikasih 1 twig. Resep ini sebenarnya buruk untuk mengisi hunger, untuk health sih boleh2 saja.

Froggle Bunwich. 1 Kodok, 1 Sayuran, 2 Bebas (37.5 Hunger, 20 health) 7 Hari. 2 Nya kasih twig aja, dan sayurannya mending wortel. Gunakan resep ini cuma kalau kehabisan bahan. Kalau masih ada mending jadi meatballs, atau karena butuh health regen nya. Kalo kamu niatnya bikin meatbals tapi jadinya malah ini, itu karena kamu masukin kaki kodok + sayuran di bahannya (jadi 50-50 chance). ganti sayurannya jadi berry, atau jemur dulu kaki kodoknya biar jadi small jerky.

Kabobs. 0.5 Daging, 1 Twig, 2 bebas (37.5 hunger) 7 Hari. Twig cuma boleh 1, tidak boleh pake ikan. Resep paling optimal adalah Monster meat - Twig - Es - Es. KALAU MENGGUNAKAN DAGING BIASA + 2 BERRY, RESEP INI TIDAK WORTH KARENA MASAKNYA LAMA (40 DETIK). Kalau masih pakai monster meat saja atau es/jamur saja, maka resep masih worth.



Fistfull of jam. 0.5 buah. 3 bebas (37.5 Hunger) 7 Hari. Tidak boleh pake twig, daging, dan sayuran. Satu satunya resep yang worth cuma Berry - Es - Es - Es. Sisanya Resep ini tidak worth kecuali banyak berry yang hampir basi, dan kamu dalam kondisi kenyang. Kalau lapar, masih mending 4 berry di cooked terpisah dan dimakan (50 hunger total) 


Ga ada wedang
jahe, adanya ini.
Spicy Chili. 1.5 Sayuran, 1.5 Daging (37.5 Hunger, 20 Health) 5 hari. Menaikan suhu badan 40 Derajat. Resep tidak bisa diutak-atik. Tidak worth untuk hunger kecuali untuk winter dalam keadaan pergi jauh. 


Stuffed Eggplant. 1 Eggplant, 0.5 Sayuran, 2 Bebas (37.5 hunger, 20 health) 7 Hari. Resep paling worth cuma Eggplant - Jamur - Twig/es - Twig/es. Resep ini tidak worth kalau tidak mengikuti resep di kalimat sebelumnya. Resep ini juga tidak worth untuk heal, karena eggplant nya sendiri yang sudah di cooked, sudah mengisi 20 health, barang sisanya jadi kebuang.

Ratatouille. 0.5 sayuran, 3 Bebas (25 Hunger) 7 Hari. Tidak boleh pake twig dan daging. Resep yang worth cuma Jamur - es/jamur - es/jamur - es/jamur. Sisanya resep ini TIDAK WORTH. Kalau ada kelebihan jamur/es mending pake 1 monster meat buat bikin meatballs.

2. Resep-Resep Pengisi Health

Catatan: saya pribadi tidak mengandalkan makanan untuk heal. saya lebih suka Tidur di tenda/menggunakan spider gland/membuat heal polutice untuk heal.


Jellybean. 1 Royal Jelly, 3 Bebas, (122 Health selama 2 menit) Tidak bisa basi. Ketika dimasak hasilnya 3 Jellybean. Tidak boleh pake twig dan daging. Biar enak pake es aja/birchnut. Karena heal nya tidak instan, item ini bagus ketika dipakai di tengah2 battle melawan boss. Royal Jelly nya sendiri cuma drop dari boss. Jadi dari boss, untuk boss.


Waffles. 1 Butter, 1 Egg, 1 Berry, 1 Bebas (60 Health, 37.5 Hunger) 3 Hari. Sisanya pake twig/es aja. Kalo slot bebas diisi monster meat, jadinya bisa meatballs (50%). Masakan ini tidak worth kalau untuk ngisi hunger karena madu nya mending buat honey ham. Masakan ini cepat basi jadi hanya dibuat kalau memang butuh.


Fishstick. 1 Fish, 1 stick twig, 2 Bebas (40 health, 37.5 Hunger) 5 Hari. Tidak boleh pake twig lagi. Pake Es/jamur kalo mau murah, tapi bisa juga pake 2 Monster meat. Dia tidak akan jadi Monster Lasagna karena resep monster lasagna tidak boleh pake twig. Tidak direkomendasikan juga untuk ngisi hunger dengan ini. Karena kolam membeku saat Winter, fishshick agak sulit dibuat di winter.


Flower Salad. 1 Cactus Flower. 2 sayuran, 1 bebas (40 health, 12.5 Hunger) 3 hari. Tidak boleh pake twig, daging, buah, telur, pemanis. Sisanya cuma es/jamur/birchnut yang bisa dipake. Cactus baru berbuah saat summer, jadi ini cuma resep musiman.


Pierogi. 1 Telur, 0.5 daging, 0.5 sayuran, 1 bebas (40 Health, 37.5 hunger) 10 hari. Tidak boleh pake twig. Pake es/birchnut aja, dagingnya bisa pake monster meat, sayurnya pake jamur. Wajib dihapal untuk heal di end game.


Trail mix. 1 Birchnut, 1 Berry, 1 Buah, 1 bebas. (30 Health, 12.5 hunger) 7 hari. Tidak boleh pakai daging, telur, dairy. Jadi bisa diisi Twig/es. Wajib dihapal untuk heal di early game. Dengan akses ke birchnut dan berry yang mudah, heal paling gampang pake resep ini dengan urutan Birchnut - Berry - Berry - Twig. Tidak worth untuk hunger (dimakan terpisah aja)


Fish Tacos. 1 Ikan, 1 Jagung, 2 Bebas (20 health, 37.5 hunger) 3 Hari. Resep yang bagus cuma Ikan - Jagung - Twig/es - Twig/es. Tidak cocok untuk hunger karena Hunger total nya loss dengan dimakan terpisah.


Butter Muffin. 1 Kupu-kupu, 1 Sayuran, 2 Bebas (20 health, 37.5 hunger) 7 hari. Resep yang bagus Kupu-kupu - Jamur - Twig/es - Twig/es. Untuk hunger, resep ini lumayan worth untuk hunger, namun jangan terlalu bergantung ke resep. ini. Meskipun dapetin kupu-kupu sama jamur/wortel termasuk gampang, 37.5 hunger cuma untuk 1/2 hari. Belum lagi masaknya lama (40 detik)

Honey Nuggets. 0.5 Daging, 1 Madu, 2 bebas (20 health, 37.5 hunger) 7 Hari. Tidak boleh pake twig. Tidak direkomendasikan karena menggunakan madu yang 'mahal'. mending bikin waffle. Untuk hunger juga tidak. mending ganti madu nya dengan berry dan bakal jadi meatball.

Unagi. 1 Belut, 1 Lichen, 2 Bebas (20 health, 18.75 Hunger) 5 Hari. Highest priority food in game. Kalau kamu masukan belut dan lichen sebagai pengisi slot "bebas" maka hasil makanannya pasti ini. jadi hati2. Tapi dengan itu juga, kalau kita memasukan 2 Monster Meat, tidak akan jadi Monster Lasagna. Namun resep ini tidak worth untuk hunger.

Fruit Meldey. 3 Buah, 1 bebas. (20 Health, 25 Hunger) 3 Hari. Tidak boleh pakai sayuran dan daging. Twig/es boleh. Resep ini hanya untuk pengawetan buah berlebih yang mau basi, seperti fistfull of jam. Bedanya fistfull of jam lebih mengisi hunger, ini untuk health. Jangan lupa berry cuma bernilai buah 0.5.

3. Resep-Resep pengisi Sanity.

Ice Cream. 1 Dairy product, 1 Es, 1 Pemanis, 1 Bebas (50 Sanity, 25 Hunger) 1 hari. Tidak boleh pakai daging, sayuran, telur, twig. Enaknya pake Es lagi/birchnut. Ini makanan yang paling sulit dibuat. Bahannya susah dicari (Mentega cuma 3% chance) dan musiman (Es dan susu). Tentu saja tidak worth untuk Hunger. Juga ga awet. Harus dimakan hari itu juga.


Tidak disponsori
oleh Indoeskrim.
Melonsicle. 1 Melon, 1 Es, 1 Twig, 1 Bebas (20 sanity, 12.5 Hunger) 1 hari, Menurunkan suhu badan 40 derajat. Tidak boleh pakai daging, telur, sayuran. Pake twig lagi saja atau es. Kalau punya farm, manfaatkan sebanyak2nya ketika spring (hujannya sering jadi tanaman tumbuh lebih cepat) dan taruh Watermelon yang didapat untuk membuat ini. Kalau berangkat keluar dan kepanasan, pakai ini bisa menyelamatkan dari overheat. Harus dimakan hari itu juga.


Pumpkin Cookie. 1 Pumpkin, 2 Pemanis, 1 bebas (15 sanity, 37.5 Hunger) 5 hari. 1 nya Pake twig/es/monster meat/jamur. Resep ini tidak worth buat hunger karena Pumpkinnya saja sudah ngisi 37.5 hunger tanpa dimasak.


Taffy. 3 Pemanis, 1 Bebas (15 sanity, 25 Hunger, -3 Health) 7 Hari. Tidak boleh pakai daging. Pake Es/twig saja. Tidak terlalu bagus sebenarnya karena menggunakan madu yang bisa untuk makanan 'mahal'.

Sanity tidak punya Master Recipe karena bahan-bahannya yang sulit didapat.

4. Kesimpulan/Info tambahan dan Penutup.

Saya yakin semua orang ga akan apal sekali baca. Saya aja sudah main berjam-jam, bikin guide 2 kali, masih harus bolak balik wiki dan liat catatan. jadi saya Summarize lagi dibawah.

  • Cukup hapalkan master recipe. Hunger (1 Daging - 3 buah/sayuran = Meatball). dan Heal (1 Birchnut - 2 berry - 1 Twig = Trail Mix). Sisanya ga apal gapapa.
  • Kalo kurang, Hapalkan resep end game. Hunger (2 telur, 2 daging = Bacon and Egg) dan Heal (1 telur, 1 daging, 1 sayuran, 1 twig = Pierrogi).
  • Kalo kurang yang dihapal. Hapalkan Bahan dan resep special yang ngasih poin tinggi. Biar ga salah dimasukin ke Resep diatas. Bahan2 itu adalah Mandrake, Dragon Fruit, Tallbird Egg, Royal Jelly, Butter, Fish (untuk heal), Cactus Flower, Susu, Pumpkin, Watermelon.
  • Kalau masih kurang. hapalkan Melonsicle untuk summer (Melon - Es - Es - Twig) sama wedang jahe Spicy Chili untuk winter (wortel - wortel/jamur - daging - daging kecil) aja. (jangan lupa ini ga worth untuk hunger, cuma biar panas/dingin aja)
  • Masak dari bahan yang keliatan mau basi (warna hijaunya kalo dibawah 1/2 jadi kuning. itu udah 1/2 basi)
Oke. Segitu aja. semoga membantu. Meskipun saya lebih mikir pasti pusing karena kebanyakan yang harus diapal.. Ketemu lagi nanti kalo ada mood nulis lagi.

1 komentar: