Guide level: Newbie yang sudah tau basic tapi males berantem, atau yang pengen coba cara baru.
Seperti yang sudah saya janjikan. Besoknya part 2 nongol.
Kita mulai dengan notice dulu:
Guide ini adalah lanjutan dari Series Youtube saya yang menjelaskan game Don't Starve beserta trik2 simpel untuk survive di game yang "unforgiving" ini. Sebelumnya disarankan nonton videonya dulu karena untuk yang bener2 basic, ada di video.
Guide ini juga dimulai dengan kondisi kita sudah punya basic base yaitu Firepit permanen, Science Machine, Alchemy Engine, dan Crock Pot
Pendahuluan
Kita sudah belajar tentang teknik2 untuk survive tanpa harus berantem dengan monster apapun. Tapi serapi apapun kita membuat rencana, game ini tidak memberikan kita ketenangan. Meskipun kita tidak berantem, kita tetap akan bertemu monster2 yang tidak bisa kita hindari (bahkan ada boss).
Jadi part 2 ini saya bakal cover bagian itu. Bagaimana menutup ketidak mampuan kita ketika perang dengan trik dan alat2. Part ini juga meng-cover detil2 tambahan yang bisa dipakai untuk membantu survival di game ini. Sekaligus persiapan untuk musim selanjutnya.
4. Ketika Terpaksa Harus Berantem
Saya cover ini sebagai point ke 4 karena sudah pasti pada tau apa yang akan terjadi di sekitar hari ke 10. Iya, Hound Encounter. Untuk yang tidak mahir, 1 atau 2 saja bisa bikin karakter kita mati. Belum nanti sekitar 10 hari berikutnya dia keluar lagi dengan jumlah yang lebih banyak. Ini masalah besar buat kalian. Jadi di sela-sela kalian membuat kebun/ternak lele, kalian juga harus mempersiapkan ini.
Weapon/Armor
Sebenarnya semua orang sudah tau kalau mau berantem ya harus ada senjata. Saya tulis lagi biar ga pada lupa.
Senjata/Perlengkapan Dasar
Spear, 2 Twig, 1 Rope, 1 flint. 150 kali attack (Science Machine). Standar semua harus punya dan bisa pake (ya tinggal tekan F saja. jangan di spam klik karena tidak akan full speed.)
Boomerang, 1 Board, 1 Silk, 1 Coal. 10 kali attack (Alchemy Engine). Banyak yang tidak pakai ini karena cuma 10 kali pakai dan damagenya sama saja. Padahal banyak gunanya (dijelaskan kemudian) Cara pakainya dengan klik ke target (jangan pake F) lalu tahan Spasi untuk ngambil kembali. kalau gagal ngambil lagi, boomerangnya ngedamage kita.
Log Suit, 8 Log, 2 Rope, 80% Reduction, 450 HP. (Science Machine). Jangan bikin yang rope karena tidak terlalu melindungi dan Log Suit masih menggunakan bahan-bahan yang diperbarui.
Pastikan ketiga barang ini selalu ada dan siap dipakai. Kalau sudah sisa sekitar 30%, buat baru dan siap untuk diganti ketika rusak.
Perlengkapan Lanjutan
Footbal Helmet, 1 Pig Skin, 1 Rope, 80% Reduction, 450 HP (Alchemy Engine). Lebih banyak damage reduction, lebih baik. Ini masuk ke perlengkapan lanjutan karena Pig skin belum dijelaskan dan tidak begitu saja didapatkan. Selanjutnya bakal dijelaskan dibawah. Helm ini juga bisa menahan hujan, dan tidak akan rusak selama tidak dipukul. jadi mending bikin ini daripada topi jerami untuk menangkal hujan.
Mencari Aliansi.
Ketika kamu tidak mampu, carilah seseorang yang mampu. Game ini juga memiliki sistem aliansi, sehingga kamu yang tidak mahir berantem, bisa mendapat teman untuk membantu. 2 cara umum bisa digunakan dan dipersiapkan sebelumnya.
1. Babi
Rumah babi |
Pig House, 4 Board, 3 Cut Stone, 4 Pig Skin, (Alchemy Engine). Mengeluarkan babi setiap 4 hari sekali (kalau dibunuh)
Babi tidak termasuk sebagai objek farming di guide ini (karena babi harus berantem untuk dapetin dagingnya) karena dia bakal jadi teman yang akan membantu perang. Kalau kamu menemukan rumah babi di suatu tempat, kamu bisa "membawa" nya dengan menghancurkan rumah ini dengan Hammer (butuh 2 rumah untuk membuat 1). Lalu buatlah kembali di dekat base, tapi jangan terlalu dekat. Kamu bisa taruh satu di setiap sisi (timur, barat, utara, selatan) untuk perlindungan dari segala sisi.
Kamu bisa hammer benda ini kalau butuh pig skin |
Di game ini, monster punya "Kubu" yang mereka akan otomatis berantem kalau mereka ada di kubu yang berbeda. Disini kita akan aliansi dengan Babi untuk melawan hound. Babi akan otomatis menyerang hound kalau hound ada di dekatnya. Sehingga kita hanya tinggal menghindar atau membantu dengan spam attack/Boomerang dari jarak aman. Kalau babinya mati, daging/pig skin nya bisa diambil untuk makan dan membuat helm. Babi juga akan otomatis melawan laba-laba, dan Werm (monster yang di rawa itu)
Babi juga bisa dibuat sebagai pasukan dengan memberinya daging. Kalau kamu kasih daging kecil (daging kelinci misalnya) dia akan mengikuti kamu selama 1/2 hari. Kalau kamu kasih daging besar (daging babi lagi misalnya) dia akan mengikuti kamu selama 1 hari penuh. Kamu tinggal kasih tau mana yang harus ditarget dengan lempar Boomerang (jangan pake spear. ingat kita ceritanya ga pinter berantem, jadi pake boomerang), mereka akan langsung menyerang. Gerakan babi yang "hit and run" (nyerang sekali lalu mundur) membuatnya dia bisa survive lebih baik bahkan ketika melawan boss.
2. Beefalo
UAAAAAAAGH |
Metode lain untuk melawan Hound adalah dengan memancingnya ke kawanan Beefalo. Beefalo tidak aktif menyerang, namun Hound suka ganti2 target. jadi mereka bisa menyerang beefalo dan membuat 1 kawanan beefalo nyerang hound itu. Kita tinggal menunggu dan mengambil drop nya.
Beefalo menyerang tidak hit and run seperti babi. jadi dia lebih gampang terkena damage. Jadinya lebih mudah mati apalagi melawan monster Boss seperti Deerclops yang punya area damage. Hati-hati kalau beefalo habis kita tidak punya supply Manure lagi (butuh minimal 2 untuk kawin).
Perangkap perang.
Ini dijelaskan dibawah karena material yang dibutuhkan ga gampang. Untuk serangan lanjutan, Hound yang datang bakal lebih banyak dan akan terlalu bahaya kalau berperang di waktu lama. Nah, perangkap bisa jadi pilihan untuk (minimal) mengurangi beberapa hound yang ada.
Bee Mine. 1 Board, 4 Bee, 1 Flint (Science Machine) 1 kali pakai. Pasang dengan klik kanan, Giring hound kesini dan lebah akan keluar dan menyerang hound. Kamu bisa membantu dengan spear attack selagi hound mengejar lebah. Setelahnya lebah harus ditangkap ulang untuk membuat yang baru.
Tooth Trap. 1 Log, 1 Rope, 1 Hound's Tooth (Alchemy Engine) 10 Kali trigger. Pasang dengan klik kanan. Karena butuh Hound's tooth, jadi harus menang lawan hound dulu 1 kali baru bisa bikin (atau nyerang sarangnya dengan bantuan babi misalnya). Memberikan 60 damage. Pasang 2 aja. Sisa HP hound nya tinggal 30 dan sisanya bisa kamu serang dengan spear 1 kali. Trap yang sudah ke trigger bisa dipasang lagi dengan klik kanan, atau diambil dengan klik kiri untuk dipindahkan.
Ranged attack lainnya.
Fire dart. 2 Cut Reed, 1 Coal, 1 Crimson Feather (Science Machine) 1 kali tembak. Crimson feather itu bulu burung yang warna merah. ketika ditembakan, musuh akan terbakar dan memberi total 120 damage. Hati-hati karena bisa membuat area sekitarnya terbakar juga. Itu juga berarti hound lain yang dekat bisa terkena juga.
Blow Dart. 2 Cut Reed, 1 Hound Tooth, 1 Azure Feather (Science Machine) 1 kali tembak. Azure feather itu bulu burung yang biru. Ketika ditembakan, memberi 100 damage atau sama dengan 3 kali serangan spear. Saya sih agak jarang bikin ini karena hound tooth nya mending untuk trap yang bisa 10 kali trigger (total 600 damage)
Sleep Dart. 2 Cut Reed, 1 Stinger, 1 Jet Feather (Science Machine) 1 kali tembak. Jet feather itu bulu burung yang hitam. Ketika ditembakan akan membuat musuh tidur. Saya juga jarang bikin karena tidak semua musuh kena 1 kali tembak (juga karena damage nya 0). Laba-laba butuh 2, hound butuh 3, boss butuh 4. Saya cuma pakai untuk lawan boss ketika butuh waktu untuk break (makan, nyalain api, healing)
Bom
Ini adalah trick paling kuat tapi juga paling berbahaya, jadi saya taruh diakhir.
Gunpowder, dibuat dari 1 Rotten Egg, 1 Charcoal, 1 Nitre. (Butuh alchemy Engine). Telur yang dibiarkan selama 10 hari akan berubah menjadi Rotten Egg dan bisa dibuat Gunpowder. Cara menggunakannya tinggal taruh di tanah (bisa di stack) lalu dibakar. Setelah 3-6 detik, Gunpowder akan meledak dan memberikan area damage 200 per buah. Cocok untuk melawan boss.
Kekurangannya, di jeda 3-6 detik itu kamu harus bisa membuat musuh tetap di area ledakan (kurang lebih sepanjang 1 grass.) Kalau tidak, ledakannya ga akan kena. Lalu semua drop dari monster tersebut bisa hilang (jadi ashes) kecuali daging yang langsung berubah jadi cooked meat, dan Drop2 spesial dari Boss.
5. Extra
Di section ini saya menambahkan beberapa detail yang bisa digunakan untuk build "tidak berantem" ini.
Resep masakan Tambahan.
ga ada boraks nya kok. |
Di video saya menjelaskan aturan 1 daging dan 3 buah/sayuran untuk membuat Meatballs (62.5 hunger) sebagai master resep. Dengan adanya farming, variasi buah dan sayuran yang muncul lebih banyak, juga dengan adanya supply ikan dan kodok untuk makanan. Jadi saya harus menambah resep2 optimal yang sesuai dengan bahan2 yang ada. Jangan lupa setiap hari Hunger kita turun 75 jadi kita tau itu makanan cukup untuk berapa lama.
Catatan: Hampir semua makanan yan dimasak memberi 5 health dan 5 sanity, cuma tidak dicantumkan disini.
Dragonpie dibuat dari Buah naga.. 3 lagi bisa diisi bebas tapi paling enak dikasih 3 twig saja. Mengisi 75 Hunger.
Froggie Bunwich dibuat dari 1 kaki kodok dan 1 sayuran. 2 lagi diisi saja dengan twig. Mengisi 37.5 Hunger.
Proteinnya tinggi |
Fish stick dibuat dari 1 ikan dan 1 twig. 2 lagi bebas tapi tidak boleh stick lagi. Kalo dikasih kaki kodok bisa keluarnya malah Froggie Bunwich. Meskipun mengisinya 37.5 Hunger (tidak untung dibandingkan dengan makan 1 ikan + 2 berry) tapi dia mengisi 40 health juga. jadi kalo butuh heal, buat ini. tapi kalo tidak, makan terpisah saja/buat resep lain.
Fish taco dibuat dari 1 ikan, 1 jagung, dan 2 twig. Resep ini juga sama tidak menguntungkan hunger karena sama2 mengisi 37.5 Hunger. Tapi mengisi 20 health juga. Bikin ini kalau butuh health dan kebetulan ada jagung juga. kalo tidak ada mending fish stick.
Butter Muffin dibuat dari 1 kupu-kupu, 1 sayuran dan 2 twig. Mengisi 37.5 hunger dan 20 health. Resep ini cuma darurat saja karena kupu-kupu cukup mahal kalau mau ditangkap (harus buat jaring dulu)
Fruit Meldey dibuat dari 3 buah dan 1 twig. Mengisi 25 Hunger. Tentu saja rugi kecuali dibutuhkan untuk heal karena dia mengisi 20 Health. Bagusnya buahnya yang memang tidak ada heal point nya saja. Buah lain ada yang bisa langsung heal seperti eggplant yang langsung mengisi 20 health tanpa harus dimasak.
Pemilihan Karakter.
Karakter selalu saya tulis terakhir (di video juga baru muncul di part 8) karena untuk mengajarkan player survive dengan karakter standar (Wilson) dulu sebelum yang lain. Untuk mode Tidak berantem ini saya cuma menyarankan 1 karakter. Yang lainnya tidak bagus. dan dia adalah:
Wendy. 200 Sanity, 150 Health, 150 Hunger. Secara stat dia masih termasuk standar karena sama dengan Wilson. Yang bagus adalah dia memiliki Bunga yang bisa memanggil kembarannya yang sudah meninggal (Abigail). Abigail bisa membantu ketika kondisi perang. jadi selain ada babi, ada Abigail juga yang bisa menutup kekurangan ketika harus perang.
Penutup
Bingung mau nulis apa ah. Udah itu aja. kalo ada yang mau ditanyain mah dibawah aja atau bisa lewat Youtube/Facebook. Makasih sudah membaca.
Oh iya semua gambar dari wiki.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar