Sabtu, 20 Juli 2019

Monster Hunter World: Basic Starter Build (Tanpa Decoration)

Pendahuluan

Baru selesai kelar main story? (Ehem, Xeno 'Jiva) terus bingung mau ngapain?
Ngerasa terlalu gampang mati/terlalu kecil damage?
Liat youtube buat build tapi pas dicek di game equip dan decorationnya belum pada ada?

Then read this.

Kali ini saya bakal nulis tentang starter equip untuk mereka yang sudah mulai terjun kedalam dunia MHW, mulai kenal yang namanya "tempered" monster, tapi merasa kesulitan buat ngalahinnya. Well multiplayer bisa jadi pilihan, tapi nggak semua mau mainin multiplayer, terlebih karena ATK monsternya naik dan HP nya lebih tebel.


Catatan penting:
  • Setiap piece di tune in ke equip yang bisa dibuat segera setelah selesai melawan Xeno'jiva.
  • Setiap equip juga didesign untuk dirubah dan dimodifikasi sesukanya.
  • Saya akan menyertakan konsep utamanya dulu seperti apa. Lalu weapon yang paling bagus dan jelek untuk build tersebut.
Tapi sebelum itu, kita akan mulai dengan inti dari pembuatan post ini.

Info penting: Basic Defense is not so good in MHW late game

Sesuai yang ditulis di heading, defense di game ini tidak punya efek yang besar. TL:DR dari hitungan saya, defense kita setelah sampai di end game itu sekitar 350 sampe 450 an. Untuk 350 defense, kita punya defense reduction sekitar 81.3%. Lumayan besar, tapi kalau kita mengganti semua equip hingga sampe 450 defense, damage reduction kita hanya naik ke 84.9%. Cuma 3% kenaikannya (Makin lama  makin ga berasa naiknya). Belum lagi di late game ini, sudah mulai bertemu dengan one shot kill enemy (Ehem, Nergigante Dive Bomb).

Jadi sudah saatnya untuk berubah dari bertahan ke menghindar (jadi kaya dark soul) dan mulai "membiarkan" angka defense yang nongol, dan mulai melihat skill yang diberikan setiap equip yang ada. Skill inilah yang membantu karakter kita jadi lebih baik.

The Builds

1. Attack Build

1.1 No Element Attack Build

Konsep: Simpel, Maximum attack. Menggunakan 1 Attack jewel yang didapat dari complete game.
Weapon cuma contoh. Terserah mau pake apa aja
Yang didapat dengan build ini:
Attack boost Lv 7: +30 Attack, +5% Afinity.
Weakness Exploit Lv 3: 50% Afinity ke weakpoint
Agitator Lv 3:  +12 Attack dan +9% Afinity setiap kali monster marah.
Maximum Might Lv 1: +10% Afinity selama stamina penuh.
Set Bonus: Hasten Recovery. Mengisi darah selama kita terus menyerang monster.
Slot kosong:
level 1: 1
level 2: 1
level 3: 1

Catatan:
  • Di kondisi optimal, build ini memberikan total +74% Afinity (Critical chance). Kalau pake weapon dengan 20% Afinity, jadi 94% Afinity. Ini udah paling mantap tanpa pake jewel2an.
  • Weapon bisa pakai yang Paralyze/Blast/Poison. paralyze untuk disabler, Blast untuk free damage, Poison untuk continuous damage.
  • Jangan pake weapon yang ada Sleep nya, karena kalau sleep, agitator akan deactivate dan mengurangi efektifitas build ini.

1.2. Elemental Attack Build

Konsep: Mengoptimalkan elemental attack.

 Fire

Fire build bisa dapet extra attack +7. Sangat bagus

 Water

Build water cuma dapat attack +5, tapi ada skill lain yang lumayan.
Thunder

Thunder juga cuma dapet +5 attack, tapi punya slot kosong 4 untuk jewel terserah

Ice

Ice build juga ga sampe +7 attack, tapi ada mushroomancer biar bisa makan blue mushroom untuk heal, dan toadstool untuk menaikan natural healing.

Dragon

+5 attack, dan 4 free jewel slot. lumayanlah.

Catatan:

  • Keliatan ada 2 pola penting. Selalu ada minimal 2 piece dari Rathalos set, dan Weakness Exploit 3. Ini wajib untuk memperbesar damage element. 2 piece Rathalos ini untuk mengeluarkan critical element.

 2. Defense Build

Loh katanya not so good. tapi kok ada Defense Build?
Yang jelek itu kalau hanya bergantung kepada angka defense mentah saja. Ada Skill bagus yang bisa digunakan untuk memaksimalkan defense.

Basic Defense

Divine Blessing bakal motong damage yang diterima sebesar 50%

Basic Recovery Build

Auto Heal Dengan build ini.
Catatan:
  •  Senjata bebas, dan slot jewel sisanya juga bebas diisi apa aja.

3. Support Build

Konsep: Membantu teman dengan buff dan heal.
Beberapa dari set ini bisa diganti versi beta untuk slot lebih banyak.

 Catatan:

  • Yang penting dari skill ini adalah Wide-Range, Speed Eating, dan Free Meal.
  • Wide Range level 5 "menyebar" efek apapun yang kita makan/minum ke teman yang namanya terlihat di layar. Itu termasuk potion, demondrug, might seed, dll tanpa mengurangi efek item tersebut.
  • Speed eating mempercepat proses makan/minum sehingga kita tidak stuck di animasi terlalu lama (Misalnya potion harus benar2 diminum sampe habis untuk full heal, ini mempercepat animasinya jadi sekitar 1/4 nya doang)
  • Free Meal memberikan chance untuk tidak mengurangi jumlah barang yang kita makan/minum. sebesar 25%
  • Weapon yang paling cocok untuk ini adalah Sword and Shield karena kita tetap bisa pake item tanpa menaruh senjatanya kedalam.
  • Alternatifnya, Light Bowgun bisa dipake karena animasi menaruh senjata yang cepat.
  • Build ini adalah build utama saya dan sudah terbukti menolong team dengan sangat optimal. Hanya sudah di improve jadi fiturnya tidak cuma heal dan buff, tapi juga dengan Crowd Control dan defense. (Itu bahan postingan kedepan)

Penutup/catatan akhir/Credits

  • Tentu saja ini build cuma contoh aja. Ga harus diikuti. Yang penting ketika kita mau membuat set, ada 1 konsep utama yang terbayang, jadi ga asal bikin. 
  • Kalau mau bikin set sendiri, silakan ke http://honeyhunterworld.com/mhwb/  Informasi dan databasenya sangat lengkap, sampe damage efektif + cooldown animasi senjata dihitung semua.
  •  
(in progress ngetik)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar