Rabu, 02 Januari 2019

Don't Stave Guide Indonesia (Part X-2b), Semua Tentang Memasak. Shipwrecked, Hamlet. Together (Update 2020)

Welcome back!


Sengaja ditulis pake heading. hehe. Mungkin sebagian udah ada yang nunggu update an masak-memask untuk Shipwrecked dan Hamlet, jadi saya tulis aja sekarang. Yang belum  baca part sebelumnya ada disini (Udah diupdate untuk review beberapa makanan jadi ada yang worth dan tidak. Jadi meskipun dulu udah baca, baca lagi aja biar keliatan perubahannya dimana)

Masih ditulis dengan aturan yang sama dengan part sebelumnya. Tanpa basa-basi langsung aja ya.

Don't Starve, Shipwrecked DLC

Filler Shipwrecked

Shipwrecked memberikan beberapa bahan filler baru yang bisa digunakan untuk resep2. Yang paling mudah adalah Coconut dari (tentu saja) pohon kelapa. Tiap pohon kelapa yang besar, menjatuhkan 2 Kelapa. 1 bisa ditanam lagi, 1 lagi dibelah 2 oleh machete, jadi dapet 2 Filler.

Bahan yang bisa jadi filler juga adalah limpets yang diambil dari batu khusus. Batu ini lebih baik jangan pernah di mine meskipun kepepet. Dia bakal selalu ngeluarin limpets tiap beberapa hari.

Resep Shipwrecked

Banana Pop. 1 Banana, 1 Es, 1 Twig, 1 Bebas (12.5 Hunger, 20 Health, 33 Sanity) 1 Hari. Tidak boleh pake daging dan ikan. Jadi pakenya 2 Twig aja. Resep ini ga worth untuk hunger karena sama mengisi 12.5 kalo makan pisangnya aja, Tapi worth untuk health dan Sanity. Ini juga mengurangi suhu badan 40 derajat. Jadi bisa alternatif dari melonsicle untuk musim panas.

Bisque. 3 Limpet, 1 Es (18.75 Hunger, 60 Health) 5 Hari. Resep ini khusus untuk heal. Limpet kalo dimakan 3 terpisah (di cooked dulu) ngisinya 37.5 hunger. Jadi jangan masak ini kalo butuhnya hunger.

California Roll. 1 Ikan, 2 Seaweed, 1 Bebas (37.5 Hunger, 20 health, 10 Sanity) 5 Hari. Resep ini ga terlalu worth untuk hunger, kecuali mau sekalian ngisi health sama sanity sekalian. Masih banyak resep lain yang lebih worth kalo mau hunger mah.

Caviar. 1 Sayuran, 1 Roe (Telur ikan), 2 Bebas (12.5 Hunger, 33 Sanity) 5 Hari. Tidak worth untuk hunger, worth untuk sanity. 2 Nya kasih twig ajaTelur ikan nya jangan dimasak dulu di api, kalo dimasak di api, Roe nya jadi butuh 3

Ceviche. 2 Ikan, 1 Es, 1 Bebas (25 Hunger, 20 Health) 5 hari. Tidak worth untuk hunger dan health. Mending bikin Fishstick yang kebutuhan bahannya lebih murah (0.5 ikan, 1 stick) dan ngisi lebih banyak (37.5 hunger, 40 health).

Jelly-O Pop. 1 Jellyfish, 1 Es, 1 Twig, 1 Bebas (12.5 Hunger, 20 Health) 1 Hari. Tidak worth untuk hunger, worth untuk heal. Jellyfish yang dimasak udah ngisi 18.75 hunger.


Coffee. 3 Roasted coffee Beans, 1 Pemanis (9.375 Hunger, -5 sanity) 5 Hari. Menaikan Movespeed selama 1/2 hari. Ini semacam buff food, bukan hunger apalagi sanity food. Biasanya dibuat untuk ngelawan boss atau mau nge explore jauh. coffee beans nya aja kalo dimakan satu mentah udah ngisi 9.375 Hunger (jangan di roasted, -5 sanity)


Lobster Bisque. 1 Wobster (Hidup), 1 Es, 2 Bebas (25 Hunger, 60 Health, 10 Sanity) 5 Hari. Paling optimal pake 2 Twig.
Buat hunger lumayan, tapi ga cukup buat 1 hari. Gunakan untuk heal aja.

Lobster Dinner. 1 Wobster, 1 Butter, 2 Bebas (37.5 Hunger, 60 Health, 50 Sanity) 7 Hari. Hati-hati filler nya. Kalo dikasih twig malah jadi fishtick, kalo dikasih meat malah jadi meatball, kalo dikasih es malah jadi Bisque. Jadi palingan kelapa, limpet, madu, jellyfish. Ini juga untuk heal saja.

Seafood Gumbo. 2.5 Ikan, Sisanya Bebas (37.5 Hunger, 40 Health, 20 Sanity) 5 Hari. Kalo dimasukin 1 twig , jadinya fishstick, tapi kalo 2 twig, masih bisa jadi gumbo. Kalo pake wobster, resep ini worth untuk hunger (karena wobster nilai ikannya 2), Ini adalah  Master Recipe untuk trick yang saya pake dibawah. Contoh resep dengan wobster adalah Wobster - limpet/daging kecil - twig - twig. 

Shark Fin Soup. 1 Shark Fin, 3 bebas (12.5 Hunger, 40 Health, -10 sanity) 5 Hari. Masukin aja 3 twig. Jangan masak ini kecuali kepepet ga ada resep lagi. Kalo mau masukin twig nya 1 aja biar jadi Fishstick

Surf 'n' Turf. 2.5 Daging, 1.5 Ikan (37.5 Hunger, 60 Health, 33 sanity) 5 Hari. Tidak boleh pake es. Boleh pake lebih dari 1 Monster Meat. Resep ini tidak worth untuk hunger, boleh untuk health dan sanity. Resep ini agak tricky karena membutuhkan bahan yang punya value ikan dan daging sekaligus di 1 bahan (liat part x-2 untuk tau apa aja yang punya nilai daging dan ikan bersamaan). Contohnya 2 Meat - Ikan besar - Ikan kecil, pas nilainya 2.5 dan 1.5. Atau 2 Meat - Wobster - Twig, Nilainya 2.5 dan 2.

Tropical Bouillabaisse. 1 Purple Grouper, 1 Neon Quattro, 1 Pierrot Fish, 1 sayuran (37.5 Hunger, 20 Health, 15 Sanity) 5 Hari. Memberikan 3 Buff sekaligus. -3  temperature, 50% speed, Badan tidak akan basah/naik wetness nya, selama 30 detik. Ini juga resep untuk buff dan bukan untuk mengisi health/hunger/sanity. Dipake biasanya sebelum lawan Boss.

Conclusion: Shipwrecked Recipe

  • Resep yang harus dihapalkan kalo males, cuma FishStick (1 bahan ikan apapun, 1 Stick, 2 filler) Which is sudah ada di part sebelumnya dan bukan resep khusus shipwrecked. lol (Serius, ga ada yang wajib dihapalin satupun dari resep2 shipwrecked).
  • Kalopun ada yang mau dihapal, hapalkan resep yang memberi Buff aja. Coffee sama Tropical Bouillabaisse.
  • Seafood Gumbo. Ini resep wajib dihapal kalo mau pake trik yang saya sebut dibawah. Ngapalinnya tinggal Ikan besar 1, ikan kecil 3. Atau  Kepiting, ikan 1, twig 2.
  • Kalo masih kurang dan mau ada lagi yang dihapal, hapalkan resep yang pake bahan yang mudah didapat/khusus biar ga salah masak. Lobster Bisque/Dinner.

Monster Gumbo Combo

Ini resep yang biasa saya pake kalo main Shipwrecked. Saya hapalin beberapa resep yang bahan2 nya gampang (Seafood gumbo paling utama karena paling gampang dihapal, makanya namanya Gumbo). Karena resepnya banyak ngisi sanity dan health, Monster jerky (daging monster yang dikeringkan) bisa dimakan langsung (jangan monster meat mentah atau cooked monster meat ya. harus monster jerky) dan untuk nutup sanity dan health loss nya, pake Shipwrecked food. 

Misalnya kita masak Seafood gumbo, dia ngisi 37.5 hunger. itu kan ga cukup untuk 1 hari (sehari -75 hunger) jadi untuk nutup hari itu, saya makan dulu 2 Monster jerky (37.5 hunger, -10 sanity, -6 health), lalu Seafood gumbo dimakan belakangan karena Seafood gumbo mengisi 40 Health dan 20 Sanity. Untuk boost hunger maksimal, Monster jerky bisa dimakan sampe 4, lalu makan Seafood Gumbo. Jadi totalnya mengisi 112.5 Hunger, 28 Health. Ini cukup untuk 1.5 hari.

Catatan besar: Combo ini baru worth kalo kita kebanyakan monster meat dan ikan, dan dia takut busuk. atau kalau Filler habis. Kalau ada Filler ya tetep mending bikin Meatballs lah.

Don't Starve, Hamlet DLC 

Tidak ada Filler sejati di Hamlet DLC

Hamlet memang merubah gameplay dengan cukup drastis. Barang2 yang biasa ada banyak, bisa direlocate mudah, sekarang dipersulit. Jadi memaksa player untuk muter otak lagi dengan cara2 baru untuk mengatur hunger nya. Filler biasa kaya berry masih ada, tapi harus dibeli pake duit/nanam sendiri di farm. Which is ga gampang juga karena resource dasar kaya grass harus dipotong pake machete, manure ga selalu keluar, Stone masih ada tapi flint untuk nambangnya juga dipersulit.
Resource yang diambil sekali jadi kaya asparagus, radish, itu bisa jadi filler, tapi dibuat juga masakan khusus yang membutuhkan barang itu. Misalnya mau bikin meatball pake asparagus, jadinya malah Asparagus soup. Dagingnya hilang, dapetnya cuma 18.75 hunger. Rugi besar.

Resep Hamlet

Catatan: Resep disini masih bisa ditambah/berubah value nya karena gamenya masih early access. Jadi cek dari waktu ke waktu

Asparagus Soup. 1 Asparagus, 1 Sayuran, 2 Bebas (18.75 Hunger, 20 Health) 7 Hari, 2 nya cuma bagus twig. Resep jelek. 1 Asparagus yang dimasak terpisah udah ngisi 25 Hunger. Untuk health juga masih mending resep lain.

Feijoada. 0.5 Daging, 3 Bean bugs (75 Hunger, 20 Health, 15 Sanity) 4 Hari. Resepnya ga bisa diutak atik. Bagus, tapi bean bugs terbatas, jadi ga bisa buat resep utama. Inget aja kalo ada bean bugs harus ada 3 biar dapet bonus health sama sanity, otherwise, tetep meatballs. Waktu masaknya 75 detik atau 2,5 blok waktu. Lama.


Gummy Cake. 1 Siput, 1 Pemanis, 2 bebas (150 Hunger, -3 Health, -5 Sanity) 10 Hari. Tidak boleh pake daging. Ya pake 2 twig aja beres. Salah satu resep paling bagus, tapi Siput terbatas sama kaya bean bugs.


Hard Shell Tacos. 2 Weevole Carapaces, 1 Sayuran, 1 Bebas (37.5 Hunger, 20 Health) 7 Hari. 1 nya pake twig aja. Bukan resep yang bagus, kecuali ada kelebihan Weevole Carapaces (dasarnya ini ga bisa dimakan).

Ice Tea. 2 Piko, 1 Pemanis, 1 Es (12.5 Hunger, 33 Sanity) 3 Hari. Menaikan movespeed selama 80 detik (hampir 3 block time), menurunkan suhu badan 10 derajat. Untuk buff bagus, untuk sanity, bagus, tapi untuk untuk hunger, si piko mending dibunuh dan jadi morsel.

Nettle Rolls. 3 Nettle, 1 bebas (25 Hunger, 20 Health) 3 Hari. 1 Nya pake twig aja. Menyembuhkan Hay fever selama 720 detik (1.25 hari in game). Ini resep cuma bagus kalo emang butuh counter dari hay fever. Kalo buat makan biasa, makan 3 nettle terpisah ngasih 30 hunger dan 30 health.


Snake Bone Soup. 2 Snake Bone, 2 Daging (25 Hunger, 40 Health, 10 Sanity) 5 Hari. Resep jelek. Hunger gain nya kecil, health nya biasa aja. sanity juga ga bagus. kalo kita punya 2 daging dan kita gantung jadi jerky terus langsung dimakan, yang kita dapat adalah 50 hunger, 40 health, 30 sanity. snake bone nya dipukul aja jadi boneshard buat bikin yang lain.

Spicy Vegetable Stinger. 1 Radish/Asparagus, 1.5 Sayuran, 1 Es (25 Hunger, 33 Sanity) 7 Hari. Radish/asparagus yang dimasukan tidak termasuk dalam hitungan sayuran yang 1.5. Jadi harus diisi sayuran lagi. Cuma bagus buat sanity doang. Jangan lupa Asparagus sudah ngisi 25 hunger kalo di cooked tanpa crock pot.

Steamed Ham Sandwich. 1 Daging, 1 Foilage, 1 Sayuran, 1 Bebas (37.5 Hunger, 40 Health, 15 Sanity) 3 Hari. Tidak boleh pake monster meat. Pake twig malah bisa jadi Kabobs (ga ada health sama sanity ragen). Tidak Worth kecuali butuh heal dan tidak ada bahan resep lain.


Tea. 2 Piko, 1 Pemanis, 1 Bebas (12.5 Hunger, 33 sanity) 1 Hari, tapi bukan busuk, berubah jadi Ice Tea. Menaikan suhu badan 15 derajat dan menaikan kecepatan gerak selama 2 menit (4 blok waktu). Sama kaya Ice tea, cuma buat Buff aja.

Conclusion: Hamlet Recipe

  • Tidak ada masakan yang bagus untuk Hamlet DLC, sebagai pengisi hunger yang reliable.  Jadi tidak perlu ada yang dihapal. Hapalkan resep lama.
  • Instead, hapalkan bahwa Asparagus akan merusak resep apapun yang mau kamu buat. Pantang masuk kedalam crock pot.
  • Kurang? Hapalkan kalau Bean Bugs dan Siput bisa dibuat Feijoada dan Gummy Cake. (Sekali lagi karena keduanya langka, ga bisa dijadikan andalan.)
  • Masih kurang? Hapalkan Tea. biarkan dia 1 hari, dan bakal berubah jadi Ice tea. Lalu Nettle Rolls khusus counter hay fever.

Dont't Starve Together

Perbedaan Berry dan Juicy Berry

Juicy Berry di
Don'tStarveTogether

Tiap world generate ada chance berry yang biasa berubah jadi Juicy Berry. Keduanya termasuk filler dan lumayan untuk makan pertama2. Ini bisa merubah meta sedikit. Pertama kita akan compare food value antara keduanya.

Normal Berry:

Tidak dimasak: 9.375 Hunger. 3 Hari
Dimasak: 12.5 Hunger, 1 Health, 1 hari

Juicy Berry:

Tidak dimasak: 12.5 Hunger, 1 health, 1 Hari
Dimasak: 18.75 Hunger, 3 Health, 0.5 Hari.

Perubahan Meta di Don't Starve Together terhadap Juicy Berry

  1. MEATBALL TIDAK LAGI WORTH DENGAN JUICY BERRY. Hitung saja. Kalo kita pake daging kecil kaya morsel (12.5 Hunger) dan kita makan 3x Juicy berry yang sudah dimasak, kita ngisi lebih banyak hunger (68.75 Hunger Vs 62.5 Hunger Meatball.). Jadi stop masak Meatball kalo bahannya cuma ada Juicy Berry. makan aja 4 biji
  2. Juicy Berry bisa digunakan untuk PUPUK. Karena dia cuma butuh sehari untuk menjadi Rot, dia bisa digunakan untuk ngeboost Farm. Jadi kalo pas generate world, ternyata yang keluar adalah Juicy Berry, Fokus tim mu harus ada di Farm. 

Resep Don't Starve Together.

Amberosia. 1 Collected Dust, 3 Bebas. (0 Hunger, 0 Sanity, 0 Health) Tidak Busuk. Gunakan 3 Twig. Highest priority (100) jadi kalo ga niat pake ini, jangan dimasukin. Makanan ini hanya untuk memberi makan Dust Moth. Setelah dikasih makan, dia bakal mengeraskan sarangnya dan bisa ditambang untuk memproduksi Thulecite. Thulecite untuk End Game equipment.

Asparagus Soup (DST). 1 Asparagus, 1.5 Sayuran, 2 Bebas (18.75 Hunger, 20 Health) 7 Hari, tidak boleh pake daging dan Twig. Di hamletnya aja udah jelek, apalagi ini ga boleh pake Twig.

Banana Pop (DST). 1 Banana, 1 Es, 1 Twig, 1 Bebas (12.5 Hunger, 20 Health, 33 Sanity) 1 Hari. Liat yang shipwrecked.


Barnacle Linguine. 2 Barnacle, 2 Sayuran. (75 Hunger, 10 Health, 20 Sanity). 3 hari. Good Recipe. Cuma hati2 pas ngambil barnacle nya karena harus ngelawan Sea Weeds dulu. 


Barnacle Nigiri. 1 Barnacle, 1 Kelp Frond, 1 Telur, 1 Bebas. 37.5 Hunger, 40 Health. 5 hari. 1 bebas nya kasih twig aja. Good untuk healh, jelek untuk Hunger.

Barnacle Pita. 1 Barnacle, 0.5 Sayur, 2 Bebas. (37.5 Hunger, 20 Health). 7 hari. 2 nya twig saja. Ini adalah lite version dari Barnacle Linguine, tapi lebih banyak health. jadi kalo kamu punya 2 barnacle dan 2 sayuran, dan kamu lebih butuh sanity, bikin Linguine, tapi kalo butuh health, bikin Pita.

Beefy Greens. 1 Leafy meat, 3 Sayuran. (75 Hunger, 40 Health). 3 hari. Bagus. Jangan lupa kalo mushroom cuma 0.5 jadi jangan pake mushroom ya. 
 

California Roll (DST). 1 Ikan, 2 Kelp Fronds, 1 Bebas (37.5 Hunger, 20 health, 10 Sanity) 5 Hari. Ga terlalu worth untuk health. buat sanity, gantung aja Kelp Fronds nya terus dimakan (10 sanity per buah).

Ceviche. 2 Ikan, 1 Es, 1 Bebas (25 Hunger, 20 Health) 5 hari. Tidak worth. Liat diatas di bagian Shipwrecked


Creamy Potato Puree. 2 Potato, 1 Garlic, 1 Bebas. (37.5 Hunger, 20 Health, 33 Sanity). 7 hari. Ga boleh pake daging sama twig. 1 Nya paling optimal pake Es. Good buat sanity sama Health, tapi jelek untuk hunger (2 potato terpisah udah 50 hunger). Si garlic sendiri mending disimpan di portable grind biar jadi bubuk, terus dicombo ke makanan masak biar jadi ada buff 33% defense.
Fancy Spiralled Tubers. 1 Potato, 1 Twig, 2 Bebas. (3.75 Hunger, 15 sanity). 5 Hari. Tidak boleh pake daging dan maksimal 2 Twig. Jadi resep paling optimal adalah Potato - Twig - Twig - Es. Worh untuk hunger dan sanity. 




Conclusion: Everything dan penutup

Secara umum, resep dari game vanilla dan Reign of Giants adalah yang terbaik. Jadi kalau mau dihapalkan, balik lagi aja ke part x-2 dan ingat2. Shipwrecked dan Hamlet cuma nambah 1-2 resep agak penting (buff), dan sisanya kebanyakan resep untuk meng-counter resep umum di Vanilla dan RoG.

Bonus: Warly's Portable Crock Pot Recipe

Bagian ini khusus untuk mereka yang main Warly di Shipwrecked DLC.

Fresh Fruit Crepes. 1.5 Buah, 1 Butter, 1 Madu. (150 Hunger, 60 Health, 15 Sanity). Resep bagus, tapi bikinnya termasuk susah karena butuh Butter dan buah besar (berarti harus punya farm).

Monster Tartare. 2 Monster Meat/Durian, 1  Telur, 1 Sayuran. (37.5 Hunger, 10 Sanity). Resep jelek. Kecuali emang ga ada bahan lagi.


Mussel Bouilabaise. 2 Mussel, 2 Sayuran. (37.5 Hunger, 20 Health). Lumayan buat heal. Tapi jangan bergantung ke resep ini.


Sweet Potato Souffle. 2 Sweet potato, 2 Telur. (37.5 Hunger, 20 Health, 15 sanity). Lumayan buat all-around food. Tapi si telurnya agak mahal sih.


Rolling food recipe sebagai Warly.

Warly memang punya kelebihan bawa crock pot sendiri dan punya chef pouch yang mirip kulkas. Tapi dia gampang bosen dengan makanan. Dalam artian bakal kena penalty kalau makan makanan yang sama terus menerus. Dia juga punya penalty kalau makan makanan mentah, atau cuma di cook di api saja. Penalty memakan makanan yang sama mulai dari -10% sampe paling tinggi -70%. Jadi kita terpaksa harus pinter2 masak yang berbeda. 

Makanan yang dimakan, punya penalty kalau dia dimakan ulang dalam waktu 1.75 hari. Jadi kita cuma bisa masak makanan yang sama 2 hari sekali.

Daftar makanan yang mengisi hunger untuk 1 hari. Jadi bisa pas rolling 2 hari sekali. Statusnya jadi Wajib dihapal kalo pake Warly
  1. Dragonpie
  2. Bacon and Eggs
  3. Honey Ham
  4. Turkey Dinner
  5. Meatballs (emang ga sehari penuh karena 62.5 instead of 75, tapi cukup untuk roll 1.75 hari.
Daftar makanan yang mengisi hunger untuk 2 hari. Jadi Tidak perlu rolling karena cooldown 1.75 hari nya ketutup.
  1. Mandrake Soup
  2. Meaty Stew
  3. Fresh Fruit Crepes

Conclusion: Warly

Sekali2 kamu harus main pake warly, buat nambah pengetahuan masak memasak di Don't starve. Kemampuan masak sangat berguna apalagi kalau main team di Don't starve Together,  dimana kita ngasih makan untuk lebih dari 1 orang, dan hapal kebutuhannya, apakah team butuh hunger saja, atau hunger + health, atau Hunger + sanity, atau semuanya. Kalau ga ada yang pinter masak di team, mereka bakal buang2 makanan dengan masak yang minus hunger, atau lebih parah. Wet Goop.

Saya udah ada ide nulis, tapi nanti ya. saya konsepkan dulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar