Pendahuluan
Guide ini saya buat setelah setahunan lalu bikin versi Video. Untuk yang males/ga ada kuota buat nonton video saya (kalo ada yang mau liat versi video ada disini). Saya bakal menjelaskan Runutan opening/apa saja yang harus dilakukan dan target2 minimal dari hari ke hari nya.
- Karakter yang digunakan adalah Wilson. Karakter lain bisa cocok/ga cocok
- Settingan semua default. ga ada yang diganti.
- Tidak menggunakan mod apapun, tidak menggunakan bug/glitch, tapi fitur dioptimalkan.
- Dimainkan dengan keyboard dan mouse, bukan gamepad/full keyboard/full mouse
- 5 Hari pertama itu saya sebut paling berbahaya. karena kalo belum jadi, apa yang akan datang di hari2 selanjutnya bisa mengganggu/membunuh kita.
- Semua tulisan ini termasuk video, dibuat dari pengalaman saya sendiri bermain game ini. Jadi bukan cabutan/copy an dari video/blog orang. jadi saya benar-benar tau apa yang saya tulis.
Basic Control
- WASD untuk jalan, Spasi untuk mengambil barang cepat, farm item, pickup item, juga buat nebang.
- Mouse untuk ngeliat resep (disorot), menempatkan barang, atau milih 1 objek diantara banyak.
- Bila object adalah placeable (kaya fireplace, science machine) barang bisa "ditaro" dulu di layar crafting dengan membatalkan placing. caranya dengan klik Craft pake click kiri, lalu batalkan placingnya dengan klik kanan, jadi ga perlu naro barang mentah di inventory (contohnya ada di video yang episode Shipwrecked).
- Nyerang musuh dengan tombol F yang ditahan, jangan di klik. suka lepas.
- kalau mau mindahin barang cepet dari inventory ke chest atau sebaliknya, tekan shift jadi ga perlu gerak2in mouse mindahin satu-satu. Juga bisa dipake untuk Crock Pot.
(Hari Critical) Hari 1-5
- Konsep umumnya kita bakal explore dan menentukan base yang cocok. Lalu membuat basic base secepatnya.
- Hari ini disebut critical karena dari pengalaman saya, gagal membuat base di ujung hari ke 5 itu bakal bikin semuanya berantakan. Dari kondisi yang kurang makan jadi harus ngambil keputusan beresiko, sampe nanti ke hari 21 (ganti musim) yang ga siap.
Hari ke 1 sampe awal hari 2
- Ambil 2 Twig sama 2 Grass biar jadi obor. craft obor buat malem. (Kita selalu mulai di biome ini)
- Explore secepat mungkin, jangan terlalu banyak ambil makanan. ambil berry aja maksimal 12.
- Explore dalam bentuk lingkaran yang makin membesar. Kalau ketemu Biome baru, masuk sedikit untuk tau resource apa yang ada disitu.
- Ambil 1 twig sama 1 flint (kalo ada), bikin axe. tebang 1 Pohon aja.
- Ambil lagi 3 grass (kalo ada). Craft Campfire, tapi batalkan dengan klik kanan. Kamu pasang ini di hari ke 2. Hari ke 1 malam pake obor aja dulu.
Dari sini beberapa biome bakal keliatan. Apa yang harus dilakukan kalau ketemu biome/object ini?
- Biome batu. catat aja lokasinya dulu, jangan masuk.
- Savanna dengan kelinci. Tandai untuk kandidat base
- Savanna dengan beefalo, 1 point untuk opening farm
- Rawa. Skip aja jangan masuk dulu
- Hutan. Nyalain obor terus bakar 1 pohon biar nyebar ke sebelahnya. terus tinggalin buat lanjut explore
- Rumah babi. catat lokasinya.
- spider nest. catat lokasinya. 0.5 point untuk opening bee
- Kolam, Tandai untuk kandidat base
- Beehive. 0.5 point untuk opening bee.
Akhir hari ke 2
- Lanjut explore mengikuti pola yang sama untuk mencatat resources yang dekat
- Tentukan base. Base dibuat ditengah2 antara biome grassland (bisa pas awal spawn atau nemu lagi yang lebih bagus) dengan biome yang dapet kandidat diatas.
- Kalo masih ada waktu, ambilin grass sama twig
- Ketika malam datang. Buat campfire dan masak berry yang didapat untuk mengisi perut sampe besok.
Hari ke 3
- Buat trap 3-5 biji dari 2 twig dan 6 grass (tergantung resource yang ada. lebih banyak boleh) dan pasang di dekat lubang kelinci, atau daerah ujung jaring laba-laba, atau di sekitar kolam. Tinggalkan kalau sudah dipasang.
- Bikin 2 Pickaxe dari 2 flint dan 2 Twig dan cari batu gold nugget untuk membuat firepit dan science machine (Total butuh 1 gold nugget, 6 log, 16 stone. craft dan batalkan placing dengan klik kanan).
- Jangan ambil dari batu biasa kecuali sudah hari ke 5 dan masih belum nemu biome batu. Atau pickaxe cuma bisa bikin 1 dan ga nemu flint lagi.
- Kalau belum nemu lokasi batu, bikin obor dan campfire dulu baru berangkat cari. Sambil lewat ambilin berry lagi maksimal 6.
- Kalo lewat hutan yang udah dibakar di hari 1-2. Potong 6 biji untuk dapet 6 coal
- Makin telat nemu batu, makin susah hari selanjutnya.
Hari ke 4-5
- Ini batas hari terakhir nemu batu untuk membuat science machine. dan hari terakhir untuk menjadikan base standar. gagal hari ini, bakal keteteran di hari2 selanjutnya. (Tapi masih bisa hidup kok, jadi lanjutin aja)
- Taruh Firepit sama Science Machine. Buat 2 Chest dari 4 board (16 log) untuk naro barang.
- Buat crock pot dari 3 cut stone (9 stone), 6 coal, 6 twig. lalu masak 2 meatballs dari 1 daging dan 3 sayuran
- Cek trap, ambil dagingnya, masak secukupnya.
(Hari Menguatkan Base) Hari 6-10
- Disini kita mengoptimalkan base dan membuat hal2 yang perlu untuk beberapa hari kedepan
- Seringkali disini terlena ambil resource karena udah dapet makan enak, padahal ada rintangan lebih besar menunggu didepan.
What to do
- Buat spear dan log suit. (Total 2 twig, 3 rope, 1 flint, 8 log)
- Buat Alchemy engine dari 4 board, 2 cut grass, 6 gold nugget (2 electric doodad kalo RoG)
- Tanam ulang pohon cemara minimal 8 buah di dekat base, tapi jangan terlalu dekat.
- Pindahkan sekitar 5-10 Twig ke dekat base dengan shovel (2 twig, 2 flint
- Buat 1-4 (tergantung resource) drying rack dari 3 twig, 2 coal, 1 rope (3 grass). gantung daging yang berlebih dari hasil trap.
- Tambah chest jadi 3 atau 4. Atur inventory nya dengan kategori tertentu biar mudah dicari. Misal chest 1 untuk barang farmingan awal (log, stone, twig, grass dll), chest 2 untuk bahan proses (board, cut stone, rope dll) chest 3 untuk bahan makan sementara sebelum ada kulkas, chest 4 untuk bahan mentah dari battle (silk, hound tooth dll)
- Jaga selalu ada minimal 1 obor dan 1 campfire di placing slot.
- Lakukan minimal 1 dari 3 hal dibawah ini. kalo bisa ketiganya, bagus. Kalau tidak bisa, explore sampe dapet salah satu, langsung buat secepatnya
Opening Bee
- Kalau berhasil dapat lokasi laba-laba dan bee. Buat bug net dengan 2 silk, 4 twig, 1 rope. bisa untuk nangkap 4 bee dan 6 butterfly. ini jadi 1 Bee Box dari 2 board, 1 honeycomb, 4 bee. Lalu taruh 6 flower (klik butterfly lalu klik kanan ke tanah) untuk hasil madu yang optimal. Bisa bikin 2-4 bee box kalau resource nya mendukung. Lokasi bee box jangan terlalu dekat base.
- Bisa bikin tent dari 6 silk, 4 Twig, 3 Rope
Opening Farm
- Kalau dapat lokasi manure. bikin 2-4 basic farm dari 8 grass, 4 manure, 4 log. cari 4 seed dan tanam.
- Bisa bikin improved farm sekalian (10 grass, 6 manure, 4 stone) kalau berhasil jadi alchemy engine.
- Pindahkan semua berry yang ada ke dekat base pake shovel, kasih manure.
- Pindahkan grass 5-10 grass lalu beri manure
Opening Pig
- Kalo dapet lokasi Rumah babi yang banyak (hutan biasanya), bikin hammer dari 3 twig, 3 stone, 6 grass.
- Datangi dan palu rumahnya sampe hancur (spasi atau klik kanan), lalu ambil material yang jatuh. Babi nya ga akan agro, tenang aja.
- Pindahkan semua ke base. Kalo bisa jadi minimal 2 buah, lebih banyak lebih bagus.
Catatan penting
- Serangan hound pertama terjadi di hari antara 8-11. jadi log suit dan spear harus jadi duluan sebelum yang lain2.
- Bila semua hal disini berhasil jadi semua sebelum hari 10. Kita way ahead dan bakal makin mudah kedepan.
- Instead, kalo di hari 1-5 keteteran dan berhasil nutup disini, selamat.
- Kalau masih belum jadi basic base juga di hari 10. most likely bakal mati sama hound/kelaparan.
- Rekomendasi Design Base:
Buat "Jalan" imaginasi yang membagi area base jadi 4. mulai dengan basic base, lalu 1 bagian untuk menanam twig dll. lalu 1 bagian untuk small farm/improved farm. dan terakhir untuk bee box dan spider nest. Ini akan berguna di hari2 selanjutnya. Jangan keluar/expand dari layar ini pas membangun/menanam. jadi kalo kita berdiri ditengah, semua yang udah kita buat itu keliatan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar