Kembali lagi bersama saya di game guide. Kali ini saya bakal menulis tentang Hunters of The Dead, Sebuah game Indie Strategy Tower Defense (Tentu saja, kesukaan saya) yang cukup simpel tapi juga sulit. Terlebih lagi karena tidak ada guide online/wiki nya, jadi saya bakal nulis Guide/Strategy/Tips bermain agar tidak bingung. Langsung saja.
Goal game dan Basic Mechanics
Goal Game
Ceritanya adalah kita seorang "Prime Exorcist" yang baru diangkat dan ditugasi mencari dan membunuh Lord Dracula yang akan muncul menyerang base kita. Lord dracula tidak selalu keluar di setiap battle, cukup random dan bisa saja keluar di awal2. jadi harus selalu siap.
Bila kita gagal (Base health = 0) maka kita akan digantikan oleh orang lain. Game akan me restart dari awal namun membawa semua upgrade dan Gold dari Prime Exorcist sebelumnya. Jadi siap2 untuk new game dan mati berulang2 (kaya dark souls ya).
Basic Mechanics
Layar New Game bersih beserta Options di kanan atas bila di klik. |
Setiap kali New Game, kita diberi modal 1 Pasukan dengan senjata Pistol (Level 1), dan 200 Base Health. Base berada tepat di tengah dengan Bangunan2 di sekitarnya.
Bangunan yang 'gelap' belum menjadi milik kita. Klik di 1 bangunan untuk merebutnya dan mendapatkan benefit dari bangunan tersebut. Terkadang bangunan tersebut berisi zombie, jadi kita harus battle dulu sebelum merebutnya. Merebut 1 bangunan dihitung sebagai 1 hari.
Layar Battle. Selanjutnya kolom paling kiri disebut kolom 1. |
Bila bangunan berisi zombie, kita akan dilempar ke layar battle dan kita bisa menurunkan pasukan yang kita punya untuk melindungi base. Setiap kali ada zombie yang berhasil menyentuh base (pagar kayu di kiri) maka health base akan berkurang (jumlah tergantung tipe zombie nya).
Setiap kali berhasil merebut bangunan (battle atau tidak) kita akan mendapat Gold dan Trophy Point. Gold bisa digunakan untuk upgrade atau membeli spell, sedanghkan Trophy Point buat gaya2 aja. Kita akan dilempar kembali ke layar utama dan bisa memilih bangunan lain untuk direbut.
Di random chance, ketika kita klik bangunan dan ternyata battle, Lord Dracula datang dan ikut menyerang base. Kalau berhasil dikalahkan, Langsung instant Win meskipun itu baru battle pertama. Tapi karena Lord Dracula sangat kuat, ga mungkin bisa dikalahin di battle pertama.
Bangunan
Bangunan yang direbut membantu kita secara pasif, namun sangat-sangat penting untuk kelangsungan gameplay kita. Kesalahan pemilihan bangunan yang direbut bisa berakibat fatal, jadi hati-hatilah memilih. Berikut penjelasan tiap bangunan.
Hospital menaikan efektifitas healing pada karakter yang menjalani pengobatan. Karena karakter yang menjalani pengobatan tidak bisa turun perang, banyak Hospital akan mempercepat prosesnya. Di normal Playthrough, kalau hospital sudah banyak, hanya butuh 2 hari maksimal untuk full heal.
Tower akan mengisi base health sebesar 50 Point. Tidak terlalu penting kecuali ada Quest nya/Base health terlalu cekak.
Gadget Store Memberi 5% extra gold dan 5% Extra Experience setiap kali berhasil merebut bangunan. Di new game awal, ambil ini untuk mempercepat proses upgrade (liat bawah)
Gunstore Memberikan 1 dari 4 senjata spesial secara acak (penjelasan senjata ada dibawah). Ambil langsung setelah mengambil House.
Graveyard menaikan experience yang didapat pada karakter yang melakukan training. Sama seperti Hospital, karakter yang training tidak dapat mengikuti battle. Jangan terlalu dikejar diawal karena pasukan masih sedikit. Training lah dalam kondisi stabil.
Market mempercepat proses istirahat karakter. Awalnya setiap karakter membutuhkan 2 hari untuk istirahat dan baru dihitung rumusnya bila ada market/house yang diambil. Bila jumlah Market = Hunter, Istirahat hanya butuh 1 hari. Bila jumlah Market < 2 x Hunter, Istirahat butuh 3 hari. Diantaranya butuh 2 hari
Character (Hunter)
Layar yang muncul bila kita meng-klik 1 karakter di panel kiri layar utama |
Level
Menunjukan tingkatan karakter. Setiap kali membunuh zombie, point bertambah dan menaikan 1 level setelah point tertentu tercapai. Karakter yang naik level akan mendapatkan 15-29 HP, 1-2 AP, dan 1-6 Damage (Dmg). Level bisa dinaikan tanpa battle dengan Training (tanda + di kanan). Namun membutuhkan waktu dan selama waktu training, karakter tidak bisa digunakan.
HP
Menunjukan Darah dari karakter. Berkurang oleh serangan zombie. Bila mencapai 0, karakter akan mati permanen. HP juga tidak mengisi sendiri, Karakter harus diobati (tanda + di kanan) dan mengisi HP nya agar kembali penuh. Selama pengobatan, karakter tidak dapat digunakan.
AP
Menunjukan Action point, atau sebut saja Stamina agar lebih mudah. Setiap kali kita menurunkan pasukan ke Arena Battle, akan mengkonsumsi 2 AP. Bila kurang, pasukan tidak bisa turun battle dan harus istirahat agar bisa berperang kembali (Bisa di set auto rest kalau bingung). Memindahkan posisi hunter 1 kotak di sebelahnya mengkonsumsi 1 AP. Selama istirahat, karakter tidak dapat digunakan.
Damage (Dmg)
Menunjukan nilai yang akan diberikan ke zombie setiap kali menyerang. Makin besar, makin cepat zombie mati. Selanjutnya notasi damage dituliskan menggunakan rata2 (Avg. Dmg) untuk memudahkan penulisan. Damage bisa diefektifkan dengan penggunaan senjata yang berbeda (Tanda arrow <-> di kanan).
Weapon
Panel Pemilihan senjata. Kotak merah menunjukan full damage, kotak Gold menunjukan penurunan damage. |
Pemilihan senjata yang tepat akan membuat battle lebih mudah dan lebih cepat selesai.Setiap senjata memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang akan dijelaskan dibawah.
Pistol
Base dps: 20
Range: 4 kotak lurus kedepan. Kotak 2-4 damage turun.
Kelebihan: Tidak ada
Kekurangan: Penurunan damage, single target
Basic pistol akan diberikan ke semua karakter. Gunakan hanya di awal dan ganti ke senjata lain ketika sudah ada.
Machine Gun
Base dps: 30
Range: 3 kotak lurus kedepan. Kotak 2-3 damage turun.
Kelebihan: Fast firing rate
Kekurangan: Penurunan damage, single target
Setelah mencoba beberapa waktu, Machine Gun lebih efektif untuk memberikan damage daripada pistol di jumlah zombie yang sama, meskipun range nya kurang 1 dari pistol. Anggap ini sebagai Upgrade langsung dari pistol
Sniper
Base dps: 18
Range: Mulai Kotak 3 sampai 6 lurus kedepan.
Kelebihan: Piercing Shot. Damage stabil.
Kekurangan: Range 1-2 tidak bisa menembak. Base dps terkecil
Senjata favorit saya. damagenya yang stabil bisa membuat zombie biasa sekarat sebelum keluar jarak tembak. Belum lagi piercingnya memastikan semua zombie di barisan kena. Tinggal taruh Pistol didepannya untuk nutup range yang ga bisa ditembak sniper.
Shotgun
Base dps: 30
Range: 2 kotak lurus kedepan, di kotak 2 sekalian memberikan damage ke kiri dan kanannya.
Kelebihan: Bisa membantu lane sebelah, Piercing shot
Kekurangan: Jarak tembak rendah.
Kalau sniper jago untuk menembak lurus, shotgun jago untuk menembak menyebar. dengan spread shot nya kita bisa mengurangi pertahanan di lane sebelah dengan memasang shotgun.
Sword
Base dps: 60
Range: 1 kotak didepan
Kelebihan: Best Damage. Piercing Shot
Kekurangan: Range terpendek, Health pasti ada yang dikorbankan
Offense is the best Defense. Ini bakal jadi main damage dealer. Pastikan punya lebih dari satu dan selalu heal setiap selesai battle biar HP nya tetap penuh.
Enemies: Tentang sistem Ring dan Bagaimana melawan
Ring System
Game ini memiliki ring system. Bangunan tepat di sebelah bangunan tengah termasuk Ring 1, lalu sebelahnya adalah ring 2, begitu seterusnya. Zombie yang keluar akan semakin kuat seiring bangunan yang di ring luar terambil. Jadi Jangan terlalu cepat ambil bangunan yang di ring luar kalau karakter dirasa belum kuat.
Zombie: Keluar mulai ring 1
Semua tower bagus untuk ngelawan zombie. asal range nya pas aja.
Skeleton: Keluar mulai ring 2
Karena health nya sama dengan Zombie, semua tower masih pas melawan ini. cuma dia memiliki damage lebih besar.
Lich: Keluar mulai ring 3
Dia menyerang dari jauh. Shotgun dan Sword tidak bisa menyerang (kecuali pasang baru pas didepan). Gun dan Machine gun tidak efektif damagenya (liat bagian karakter unruk range efektif gun dan machine gun). Yang terbaik adalah sniper + Hunter lain yang dipasang pas didepan Lich
Death Knight: Keluar mulai ring 4
Karena speed yang medium, range tower tidak bisa memberi damage terlalu tinggi sebelum akhirnya kena attack. Sniper bukan solusi, tapi Sword. Bisa ditambah shotgun dari lane sebelahnya untuk membantu menembak.
Vampires: Keluar mulai ring 5
The Worst normal enemy. Kamu butuh Sword + Sniper + Shotgun dari lane sebelah untuk bisa mengalahkan ini dengan cepat.
Gold Usage: Upgrades and Magic
Upgrades akan memberikan starting point yang berbeda ketika new game. Upgrade terdiri dari penambahan jumlah hunter, Level hunter yang lebih tinggi, starting senjata di invertory, dan penambahan Base Health. Upgrade bersifat permanen dan tidak akan hilang kecuali kamu install ulang komputer (lol).
Magic mengaktifkan efek spesial untuk membantu memenangkan battle. Dari Kiri ke kanan memiliki efek sebagai berikut. Menghancurkan semua musuh kecuali Lord Dracula dan Vampire. Heal semua karakter 50%. Menaikan Attack semua karakter. Menaikan EXP semua karakter. sedangkan yang paling kanan >> itu untuk fast forward game nya.
Tips dan Trick Bermain
Dibuat bentuk point agar lebih mudah dibaca
- Jangan takut kalah. Tujuan awal itu buat cari gold secepat mungkin.
- Jangan abisin gold buat magic. Full ke upgrade aja biar gampang kedepannya.
- Umumnya urutan bangunan yang diambil Prioritas 1 adalah Market sampai jumlahnya sama dengan jumlah hunter sekarang.
- Setelah Jumlah Market = Hunter, Prioritasnya bangunan menjadi Market --> House --> Gun Store agar cepat mendapat Pasukan yang banyak dan kuat dan menjaga rest time di 1 turn saja. Bila market habis baru House --> Gun Store
- Prioritas 2 bangunan yang diambil adalah Hospital/Gadget Store Sesuai Situasi.
- Graveyard, Tower, dan Gun Store (Tanpa House terlebih dulu) jadi prioritas 3 (Gun store tidak kepake kalo hunternya tidak ada.)
- Jangan buka Ring yang lebih tinggi kecuali benar2 tidak ada bangunan yang dibutuhkan.
- Sniper level 3 keatas bisa melawan zombie/skeleton/lich sendirian di 1 lane. (untuk lich bakal kena damage sih)
- Ketika masih Ring 1 sampai 3, hunter level tertinggi wajib memegang sniper, lalu shotgun, dan terakhir Sword. Sedangkan di Ring 4 Keatas, hunter level tertinggi wajib memegang sword, lalu Sniper, lalu shotgun.
- Penempatan pasukan umum: Sniper ditaruh di kolom 1, machine gun/pistol di kolom 1-2, shotgun di kolom 2-3, sword di kolom 3 atau tepat didepan lich
Penutup
Oke segitu aja dulu. Terima kasih sudah membaca. Pertanyaan seperti biasa bisa lewat mana saja.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapus