Gambar dari Google. |
Oe! kembali lagi bersama saya di game guide. Kali ini saya kembali nulis tentang strategi perang untuk game Battle Royale macam PUBG, Fortine, RoS, dan masih banyak lagi. Semoga bisa memberikan gambaran dan membantu teman2 yang membaca agar bisa lebih terkoordinasi dalam memainkan game ini.
Konsep dasar.
Hammer and anvil adalah taktik yang dipopulerkan oleh Alexander the great (di Indonesia kadang disebut Iskandar Agung) dalam pertempurannya melawan persia. Dimana jumlah pasukan Alexander kalah 1:5 namun berhasil menang.
Strategi ini cukup mudah dieksekusi dan tidak membutuhkan banyak resource atau senjata tertentu, namun tentu saja perlu persiapan dan konsep yang matang, perlengkapan yang bagus lebih dianjutkan untuk mempermudah eksekusi.
Konsep dasarnya mudah. Hammer and anvil bekerja dengan menahan musuh agar tetap ada di satu lokasi oleh pasukan yang lebih lambat namun kuat, biasanya oleh pasukan infantry, lalu menggunakan pasukan yang lebih cepat tapi biasanya lebih lemah, biasanya cavalry, untuk menekan dari arah lainya agar musuh tertekan ke arah pasukan infantry pertama. Seperti membuat sandwich dengan kita sebagai roti dan musuh sebagai isinya. Efek tekanannya akan semakin keras bila musuh berhasil tertekan di terrain yang berbahaya
Faktor Kesuksesan Hammer and Anvil
Geografis
Faktor geografis berlaku di kita dan musuh, misalnya musuh berhasil di kunci di terrain yang sulit, maka mereka akan sulit untuk kabur, tapi hammer juga akan mengalami kesulitan untuk menekan karena sama-sama masuk ke terrain yang sulit. Contoh terrain yang bagus adalah sungai di satu sisi, lalu bukit atau plains di sisi satu lagi.
Kecepatan
Kecepatan unit yang menjadi hammer harus bisa menutup jalur mundur mereka, tapi tidak berlebihan. Bila musuh sudah mundur duluan, makan hammer akan kebingungan dan rawan diserang dan Bila terlalu cepat, maka pasukan musuh pasti akan pindah menyerang hammer untuk membuka choking. Jadi hammer harus masuk dengan hati-hati dan menekan untuk memastikan mereka tidak bisa kabur..
Kekuatan dan Jumlah
Wajib untuk memiliki kekuatan yang cukup untuk hammer dan anvil, jumlah hammer bisa lebih sedikit, namun yang penting Anvil harus bisa "menyerap" serangan dari musuh dan membuat perhatiannya tetap ada pada anvil. Bila anvil tidak bisa menyerap serangan, ketika hammer datang, mereka tinggal menekan ke arah anvil dan move foward
Pertimbangan Taktis
Ada 2 point penting dalam penggunaan strategi ini.
Pertama, Speed adalah elemen paling penting, tidak hanya cepat masuk, juga cepat untuk mundur. pastikan hammer tidak bisa dikejar bila mereka mengalihkan perhatian untuk menyerang hammer. Dalam kondisi extreme, hammer bisa saja malah dijebak untuk dikalahkan pertama kali dan membuat kekuatan hammer menjadi berkurang/hilang.
Kedua, double hammer dibolehkan, namun yang penting adalah dimana titik 'pukul' musuh yang pas, tidak terlalu dekat sehingga mudah ketahuan, juga tidak terlalu jauh sehingga menghabiskan waktu, sehingga musuh pas tertekan ke arah anvil, jadi bukan hanya sekedar mengepung/flanking.
Penjelasan Strategi
Pertama, bagi team menjadi 2, satu team menjadi hammer, dan satu menjadi anvil. Jumlahnya bisa 2-2 atau 3-1 (ada yang bisa freefire 5 orang bisa dibagi 3-2 atau 4-1). Hammer wajib gesit dan memiliki item untuk menambah move speed, seperti misalnya energy drink + painkiller di PUBG (menambah move speed) atau motor/mobil, ditambah senjata yang memiliki peluru banyak seperti SMG. Sedangkan yang menjad anvil harus memiliki Helm dan armor level 3 ditambah senjata berisik untuk memancing perhatian, juga membawa obat lebih banyak..
Kedua, rencanakan dimana musuh akan ditahan dan lihat kemana arah hammer harus maju. Engage awal oleh anvil boleh dilakukan duluan atau menunggu hammer untuk maju mengambil posisi. bila ternyata hammer ketahuan dan di engage duluan, maka anvil harus mengambil alih perhatian dan hammer harus menunggu sampai semua gun mengarah ke anvil, lalu lanjutkan pergerakan setelah kondisi aman. Anvil wajib mengganggu tapi jangan memberikan tekanan intens.
Ketiga, Setelah hammer berada di posisi cukup, bergerak langsung ke arah musuh dan menembak (tidak harus kena) dengan SMG ditangan, suara desingan peluru yang banyak bisa membuat musuh berpikir mereka diserang oleh 2 squad. Bila mereka terlihat dari arah hammer, spam habis habisan secara intens. Mereka akan mempertimbangkan untuk menghabiskan yang depan terlebih dahulu karena tekanannya tidak se intens belakang. Saat ini juga anvil bisa sedikit2 menekan maju. Kalau tembakan sudah kembali ke arah anvil, hammer maju secepatnya sampe jarak tertentu yang cukup membahayakan untuk mereka, tapi cukup aman untuk kabur kalau2 mereka desperately lari ke arah kita (which is lebih sering begini).
Keempat, Terus menekan pelan2 dan membuat mereka semakin panik, lempar bom/molotov ke arah jendela/hiding spot mereka. Seiring waktu mereka akan mengeluarkan serangan desperate. misalnya keluar dari rumah lantai 2 turun. Atau langsung lari bersamaan ke arah mobil unuk kabur. Anvil dan hammer sudah memposisikan dirinya agar gampang menembak mereka yang melakukan ini. seperti clear shot di area dekat jendela dan mobil. semakin panik mereka, aim nya akan semakin berantakan.
Counter measure
Secara umum, taktik ini tidak bisa di counter kalau sudah terjadi. karena posisi kita sudah terkunci ditengah, Tidak ada sisi dinding yang aman (berdoa aja aim mereka ampas/lag/frame drop, hehe.). Namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi impact atau menetralkannya sebelum terjadi. Beberapa yang bisa dilakukan:
- Engage hammer sebelum sampai. Kita bisa berusaha membunuh atau memberikan supress fire ke hammer agar mereka tidak berani maju. Bisa dikombinasikan dengan nomor 2.
- Menjadi hammer dan bergerak lebih dulu. Musuh yang menjadi anvil akan stasis di tempat. Kita bisa melancarkan Hammer & Anvil duluan sebelum hammer mereka sampe. Misalnya dengan mobil. Kalau berhasil, hammer mereka terpaksa pulang untuk membantu atau mengambil resiko menyerang kita yang sudah siap.
- Bomb. Ini agak jarang dipake. penggunaan molotov/frag/smoke bomb bisa digunakan untuk menahan hammer atau bahkan memaksa mereka pulang. daripada sekedar bilang "Eh ada yang muter dari pinggir/belakang pohon" tapi 30++ detik waktu habis cuma untuk ngeliatin dia yang ga keluar2 dari pohon (udah itu salah lagi pohonnya wkwkwk). 30 detik itu bisa dipake untuk counter nomor 1 atau 2. Lempar bomb kearah sana bakal bikin dia gerak.
- Refuse Flank. Dengan naruh pasukan yang memang sudah siap di posisi agak terpisah dari pasukan utama. Hammer biasanya hanya tertuju kepada target yang sudah terlihat (misalnya didalam rumah). jadi matanya suka nggak aware dengan sisi lain. Jadi dia sudah ada di posisi yang enak untuk menembak hammer yang mendekat (kalau baru keluar ketika hammer sudah sampe, Refuse Flank nya gagal karena keliatan pas kita keluar.)
Penyesuaian Battle Royale
Berikut item dan senjata yang Wajib dipake/digunakan untuk Hammer & anvil di game Battle Royale. Kalau anggota team.
Anvil: Helm dan Armor Lv 3. Medkit/Any big heal item. Automatic Rifle/SMG untuk menarik perhatian
Hammer: Pills dan Energy drink untuk fast Run/Mobil. Scope besar + Rifle/Sniper.
Penutup
Tentu saja penerapannya lebih sulit, meskipun kita main dengan team yang terdiri dari teman sendiri. Karena battle tactics harus bener2 dipelajari dan dilatih sebagai 1 team untuk berjalan secara smooth. Tapi kalo udah lancar, Hammer & anvil jadi tactic standar yang gampang diterapkan karena ga ribet, tapi powerfull.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar